20200201_CT_Sate_Cover-Blog-Landscape.jpg

Ngaku Pencinta Kuliner? Cobain Dulu 4 Rekomendasi Sate Enak di Jakarta Ini!

1 FEBRUARI 2020

Menempati peringkat ke-14 dari

World’s 50 Most Delicious Foods,

nggak berlebihan kalau sate disebut-sebut menjadi salah satu ‘aset’ terbaik dari kekayaan kuliner nusantara. Bermula sebagai

street food

yang banyak dijual di Jawa pada abad ke-19, sate kini sudah berevolusi menjadi makanan yang digemari hingga mancanegara. Kerennya lagi, jenis-jenis sate yang ada di Indonesia juga variatif banget karena setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing.

Hayoo,

siapa yang bisa menyebutkan semua jenis sate di Indonesia? Tuliskan di kolom komentar dong! 

images.jpg

Dengan sejarah panjang tersebut, nggak heran kalau sate juga menjadi salah satu

comfort food

bagi masyarakat Indonesia. Sorabel yakin, para Sista juga pasti banyak banget deh yang ‘mengidolakan’ makanan satu ini! Karena itu, buat yang tinggal di sekitar Jabodetabek atau kebetulan sedang ada di Jakarta, Sorabel sudah menyiapkan 4

list

tempat sate

recommended

yang wajib banget Sista kunjungi.

Ssst,

sate-sate ini juga udah dicoba sendiri lho oleh

crew

Sorabel dan sudah mendapat

‘approval’

dari kami :p

Nggak usah galau-galau dan

ngidam

lagi, yuk langsung kepoin aja

review

dan rekomendasi tempat makan sate enak di Jakarta ini!

1. Sate Ayam Pertok H. Martingen Sakerah 

Alamat: Jl. Gedung Hijau 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jl. Kesehatan 1 Sektor 1 Bintaro, Jakarta Selatan, & Jl. Ciputat Raya Gg. Kembang, Kebayoran Lama.

Telepon: 081310889227

Jam buka: 08.00-20.00

DSC05507.JPG

Rasa: 5/5

Tempat: 3,5/5

Pelayanan: 4/5 

Harga: 4/5

Terletak di sebuah ruko, nggak sulit bagi tim Sorabel buat menemukan tempat makan sate yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an ini. Tiba saat sudah melewati jam makan siang, ruangan resto yang bisa menampung hingga sekitar 30-an orang ini tampak nggak terlalu ramai. Tapi jangan salah, meski tempat makan terlihat lengang, para pelayan tetap terlihat sibuk terus membakar sate karena rupanya ada banyak juga pemesanan yang dilakukan via telepon atau

takeaway. 

Disambut dengan pelayan yang sigap menghampiri meja buat mencatat pesanan, kami langsung memesan 2 menu utama di restoran ini, yaitu sate ayam dan sate kambing. Didirikan langsung oleh

owner

yang berasal dari Madura, restoran Sate Ayam Pertok H. Martingen Sakerah emang menyediakan pilihan menu makanan yang terbilang simpel, yakni hanya terdiri dari sate ayam, sate kambing, sop kambing, lontong, dan nasi. 

dae05ec7-30d6-45e9-8a24-3c795a17927c.jpg

Dengan harga yang dibanderol di angka Rp2.800 per tusuk untuk sate ayam dan Rp6.000 per tusuk untuk sate kambing, Sista akan mendapatkan sajian sate khas Madura yang lekat dengan bumbu kacang dan kecap. Tapi tenang, meski bumbunya terlihat ‘gelap’, rasanya ternyata nggak terlalu pekat dan masih cocok untuk Sista yang nggak terlalu suka bumbu manis, kok. 

Berdasarkan hasil icip-icip tim Sorabel, kami harus mengakui kalau rasa sate di tempat ini emang juara, terutama sate kambingnya! Dagingnya super empuk, plus racikan bumbunya terasa pas banget di lidah. Nggak heran, kalau dalam sehari, Sate Pertok bisa menjual hingga ribuan tusuk sate! “Kalau di hari biasa normalnya 5.000 tusuk, tapi kalau di

weekend

bisa sampai 10.000 tusuk,” ujar Wandi, salah satu staf yang berkesempatan buat kami wawancarai. Udah ngiler pengen coba? Yuk, buruan datang ke daerah Pondok Indah atau 2 cabang lainnya!  

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…