olahraga-saat-puasa-untuk-menurunkan-berat-badan.jpg

5 Olahraga yang Nggak Bakal Bikin Puasamu Batal Karena Kecapekan, Cocok Buat Ramadan!

15 Mei 2020

Bolehkah olahraga saat puasa? Pertanyaan itu mungkin sering muncul di benak Sista, apalagi saat bulan Ramadan tiba. Wajar aja sih merasa ragu-ragu, karena membayangkan tubuh harus beraktivitas berat padahal perut lagi kosong emang terdengar cukup ‘menyeramkan’. Tapi faktanya nih Sis, tetap rutin berolahraga selama bulan puasa ternyata adalah hal yang sangat dianjurkan. Para ahli bahkan udah lama sepakat, kalau

workout

saat puasa adalah hal yang super aman buat dilakukan, asalkan jenis olahraganya nggak bersifat

high intensity

alias nggak boleh membuat denyut nadi bekerja di atas angka 150 per menit.  

Selain biar bugar dan nggak gampang lesu, olahraga saat puasa juga bermanfaat menjaga massa otot dan berat badan. Soalnya, saraf simpatik yang berfungsi mengontrol proses pembakaran lemak bakal bekerja lebih aktif saat tubuh digunakan berolahraga dalam keadaan perut kosong.

So,

khususnya buat Sista yang pengen

puasa sekaligus menurunkan berat badan

, wajib hukumnya tetap rutin berolahraga selama Ramadan! Pertanyaannya, olahraga apa sih yang nggak terlalu intens sekaligus baik buat dilakukan? Sorabel udah menyiapkan daftar dan rekomendasinya buat jadi panduan Sista! 

1. Yoga 

manfaat-melakukan-yoga-saat-puasa.jpg

Udah bukan rahasia kalau yoga adalah olahraga yang punya manfaat ganda, bagus buat kesehatan tubuh sekaligus efektif bikin pikiran lebih tenang. Buat puasa tahun ini yang harus dijalani #dirumahaja, tentu manfaat yoga secara fisik maupun mental ini jadi semakin dibutuhkan. Karena bukan tubuh Sista aja yang perlu dijaga tetap bugar, kondisi pikiran juga harus dipastikan tetap ‘segar’ supaya Sista nggak gampang stres di tengah situasi yang ada. Kabar baiknya lagi, yoga nggak menuntut kinerja kardiovaskular yang berlebihan, sehingga super aman dilakukan walaupun Sista lagi berpuasa. Idealnya, yoga selama puasa bisa dilakukan minimal 2-3 kali dalam seminggu. Biar nggak memforsir tubuh, pilih gerakan-gerakan yang nggak terlalu berat juga ya, misalnya

seated twist, downward dog, cat-cow pose,

dsb. 

2. Pilates

manfaat-olahraga-saat-puasa-pilates-1.jpg

Sekilas, jenis olahraga yang pertama kali diperkenalkan oleh mantan atlet asal Jerman, Joseph Pilates, ini emang terlihat mirip yoga. Itu artinya, pilates juga super aman dilakukan sambil berpuasa, karena gerakan-gerakannya bersifat non-aerobik dan nggak memforsir kerja sistem kardiovaskular tubuh. Bedanya, kalau yoga lebih bermanfaat menjaga ‘keseimbangan’ antara pikiran, tubuh, dan jiwa, maka pilates bermanfaat banget untuk meregangkan dan memperkuat otot sehingga lebih padat dan nggak berlemak. Lewat gerakan-gerakan seperti

squat,

mendorong, menarik, atau melangkah, tubuh Sista dijamin bakal tetap fit dan

fresh,

meskipun harus puasa sambil #dirumahaja dan nggak bisa menjalani aktivitas normal kayak biasanya!

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…