20200207_CT_Penyebab-Mag_Cover-Blog.jpg

Selain Telat Makan, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Juga Bisa Jadi Pemicu Mag

7 FEBRUARI 2020

Munculnya rasa mual dan muntah, sulit menelan, hingga nyeri di bagian ulu hati adalah beberapa gejala yang menyebabkan penderita sakit mag akan merasa nggak nyaman hingga sangat kesakitan. Meski sering disepelekan karena dianggap sebagai penyakit ‘ringan’, dalam level akut, mag juga bisa memicu kondisi yang lebih serius hingga berakibat kematian. Mungkin masih hangat di ingatan, bagaimana

host

acara kenamaan Dr. OZ Indonesia yakni Ryan Thamrin wafat pada tahun 2017 silam, yang penyebabnya disinyalir adalah karena mag akut yang sudah dideritanya sejak setahun belakangan. 

Awas-Kenali-Bahaya-Gastritis.original.jpegquality-90.jpg

Itulah kenapa, kalau Sista sudah mulai merasakan gejala mag ringan, ada baiknya untuk lebih berhati-hati menjaga pola makan dan kebiasaan agar nggak membuatnya kambuh dan bertambah kronis. Tapi, selain telat makan, kambuhnya penyakit yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah gastritis ini ternyata juga bisa diakibatkan oleh beberapa kebiasaan lain, lho. Supaya bisa melakukan upaya preventif sejak sekarang, yuk kenali 5 kebiasaan lain yang bisa memicu penyakit mag ini!

1.

Makan dalam Porsi Besar di Satu Waktu

woman-eating-croissant-in-coffee-shop-981605260-5be628abc9e77c00524d4d89.jpg

Pernah mendengar istilah

small frequency feeding?

Sesuai namanya, konsep ini merujuk pada kebiasaan makan dalam jumlah sedikit tapi sering, dibandingkan makan sekaligus dalam porsi besar. Dalam dunia medis, kebiasaan makan sedikit demi sedikit secara berkala memang dianggap lebih baik, khususnya bagi mereka yang sudah memiliki kecenderungan mag.

Yes,

nggak hanya membuat Sista mudah mengantuk dan begah, kebiasaan melahap porsi besar dalam satu waktu ternyata juga bisa memicu kambuhnya mag. Hal ini karena kondisi perut buncit setelah makan besar akan menyebabkan otot pembatas antara kerongkongan dan lambung yang disebut

lower esophageal sphincter

(LES) akan ikut merenggang. Akibatnya, katup LES juga nggak bisa tertutup dengan sempurna, dan memungkinkan makanan yang sudah masuk ke lambung akan kembali naik ke kerongkongan. Nah, aliran balik makanan alias refluks asam lambung inilah yang akan memicu munculnya mag. 

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…