berita-terbaru-virus-corona-di-indonesia.jpg

Memahami Virus Corona dengan Lebih Mudah: 8 Fakta Paling Penting yang Perlu Sista Tahu!

13 MARET 2020

Sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina

pada 31 Desember 2019

, berita tentang virus

corona

terus menghebohkan dunia. Di Indonesia sendiri,

coronavirus disease

kembali santer menjadi perbincangan dan memancing kewaspadaan setelah Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan dua kasus pertama virus yang menyerang sistem pernapasan ini pada 2 Maret lalu. Dengan banyaknya jumlah pasien terinfeksi di seluruh dunia, ditambah persebarannya yang begitu cepat, nggak mengejutkan kalau potensi kepanikan di tengah masyarakat juga jadi begitu tinggi. 

Tapi pertanyaannya, apakah

over-panic

adalah sikap yang tepat buat menghadapi kondisi ini? Apalagi, dengan arus pemberitaan dan informasi yang mengalir begitu deras dari berbagai sumber, kita juga rentan menjadi ‘kewalahan’ dan nggak bisa lagi mengenali mana aja informasi dasar yang justru paling penting untuk diketahui dan dipahami lebih dulu. Lupakan sejenak ‘kehebohan’ informasi yang mungkin sudah terlalu rancu dan bias buat diikuti, yuk coba kenali dan pahami lagi virus

corona

dari hal-hal paling mendasar lebih dulu. Buat membantu Sista memahami

global issue

ini dengan lebih mudah, ini dia 8 fakta paling penting mengenai virus

corona

yang sudah Sorabel rangkumkan secara lengkap dan sederhana khusus buat Sista! 

1. Apa Sih Coronavirus Sebenarnya? 

Coronavirus,

atau di tengah masyarakat Indonesia sering disebut dengan istilah virus

corona,

sebenarnya adalah jenis virus yang masuk dalam famili

Coronaviridae.

Sama kayak banyak jenis virus lainnya,

coronavirus

juga nggak bisa bereproduksi kalau nggak tinggal dalam sel hidup lalu ‘membajak’ sistem kerjanya. Dilansir dari

website

resmi WHO

, virus ini bisa menyebabkan penyakit baik itu pada hewan maupun manusia. Khusus pada manusia, virus ini bisa memicu penyakit yang berkaitan dengan infeksi pernapasan, mulai dari yang ‘ringan’ seperti flu biasa sampai yang lebih berat. 

FYI, sebelum munculnya problem yang sedang menghebohkan sekarang,

coronavirus

ini jugalah yang pernah menjadi dalang di balik dua wabah global lainnya, yakni

Severe Acute Respiratory Syndrome

(SARS) di tahun 2000 dan

Middle East Respiratory Syndrome

(MERS) di tahun 2010. Nah, penyakit yang sekarang tengah ‘mengguncang’ dunia dan sampai saat ini udah ditemukan di 113 negara, disebabkan oleh jenis baru

coronavirus

yang juga baru ditemukan. Singkatnya, SARS, MERS, dan penyakit yang kita hadapi sekarang sama-sama disebabkan oleh

coronavirus,

tapi dari jenis yang berbeda-beda. 

2. Coronavirus TIDAK SAMA dengan COVID-19

perbedaan-covid-19-dan-coronavirus.jpg

Saat lagi membaca atau mendengar berita di media massa, pernah nggak Sista dibuat bingung dan rancu membedakan antara istilah

coronavirus,

COVID-19, sampai SARS-CoV-2? Jadi, mana dong yang benar, sebenarnya apa sih nama penyakit yang sedang kita hadapi sekarang? Di awal-awal wabah ini merebak di Cina, banyak ahli kesehatan sampai institusi resmi emang masih menyebut penyakit ini dengan istilah ‘

coronavirus’,

yang sebenarnya merujuk pada nama virus penyebab munculnya penyakit itu sendiri.

Yes,

seperti yang udah Sorabel jelaskan di bagian sebelumnya,

coronavirus

emang adalah nama jenis virus penyebab penyakitnya, tapi bukan merupakan nama dari penyakit itu sendiri. 

Setelah virus ini makin menyebar dan menjadi permasalahan global,

World Health Organization

(WHO) sebagai induk lembaga kesehatan dunia kemudian berinisiatif menciptakan nama khusus buat penyakit yang disebabkan

coronavirus

jenis terbaru ini, yang kemudian kita kenal sebagai COVID-19. Hal ini dilakukan buat mengurangi risiko adanya ambiguitas atau kebingungan di tengah masyarakat. Nama COVID-19 sendiri merupakan singkatan dari

coronavirus disease 2019,

yang artinya penyakit akibat

coronavirus

yang ditemukan di tahun 2019. Nah, sementara SARS-CoV-2, adalah nama yang diberikan untuk jenis

coronavirus

terbaru yang menyebabkan penyakit COVID-19 yang sedang kita hadapi sekarang.

So,

jangan ketukar-tukar lagi, ya!

Coronavirus

adalah nama famili virusnya, SARS-CoV-2 adalah jenis virus

corona

terbaru yang saat ini menyebar, dan COVID-19 adalah nama penyakit yang disebabkan oleh SARS-Cov-2!

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…