cara-dan-rumus-untuk-menghitung-kebutuhan-kalori-harian.jpg

Berapa Kebutuhan Kalori Ideal Sista Biar Nggak Gampang Gemuk? Hitung dengan Cara Ini, Yuk!

19 MARET 2020

Sering dianggap sebagai salah satu ‘biang keladi’ penyebab bertambahnya berat badan, kalori jadi salah satu istilah yang pasti udah awam banget di telinga semua orang. Khususnya buat Sista yang lagi berjuang

melakukan program diet

, mungkin juga udah terbiasa membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari. Tapi, pernah nggak sih Sista coba mencari tahu apa sih sebenarnya kalori itu dan seberapa berpengaruh perannya bagi tubuh? Emang benar ya kalori adalah ‘musuh’ bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan? 

Well,

supaya makin memahami apa yang harus dilakukan dengan kalori, pastikan Sista udah tahu dulu berapa kebutuhan ideal yang emang Sista perlukan setiap hari. Soalnya, sama kayak asupan gizi yang berbeda-beda, kebutuhan kalori setiap individu juga bisa menjadi sangat variatif tergantung dengan kondisi tubuh, usia, berat badan, sampai tingkat aktivitasnya. Biar nggak dibuat menyesal dan uring-uringan karena ‘kebablasan’ memberikan asupan kalori yang berujung pada naiknya angka di timbangan, yuk main ‘hitung-hitungan’ bareng Sorabel untuk mengetahui kebutuhan kalori ideal yang Sista miliki!

Apa Sih Kalori Itu, dan Apakah Benar Harus Selalu ‘Dimusuhi’?

cara-dan-rumus-untuk-menghitung-kalori-harian.jpg

Karena dikenal identik sama penambahan berat badan, banyak orang mungkin jadi cukup skeptis dan cenderung ‘memusuhi’ konsep kalori. Padahal, tanpa kalori, tubuh Sista juga nggak bakal bisa bekerja dengan semestinya, lho. Dikutip dari

Verywellfit,

kalori sebenarnya merupakan jumlah kandungan panas atau energi yang masuk dalam tubuh. Kalau kendaraan butuh bensin untuk bisa berfungsi, maka kalori inilah yang berperan sebagai ‘bahan bakar’ agar tubuh Sista bisa bekerja dengan normal.

FYI

, kalori sendiri didapatkan dari makanan atau minuman yang Sista konsumsi. Saat Sista makan atau minum sesuatu, kalori yang terkandung di dalam makanan itu akan secara otomatis memberikan energi pada tubuh dalam bentuk panas (kalor). Nah, tubuh nantinya akan menyimpan dan membakar kalori tersebut buat terus menghasilkan energi yang memungkinkan Sista bisa beraktivitas sehari-hari. 

Dari penjelasan di atas, sekarang tahu dong kalau kalori ternyata emang sepenting itu bagi tubuh dan nggak semestinya selalu dimusuhi? :p Tanpa kalori, yang ada justru Sista akan gampang banget merasa lemas dan nggak bisa beraktivitas dengan maksimal. Itulah kenapa, kalau ada yang menganggap para pejuang diet harus sepenuhnya menghindari makanan berkalori, hal itu sebenarnya kurang tepat. Gimanapun, Sista tetap membutuhkan asupan kalori, hanya jumlahnya aja yang harus lebih dikontrol dan dibatasi kalau emang ingin menurunkan berat badan. Karena berhubungan erat sama energi, kalori juga sangat dipengaruhi oleh aktivitas yang Sista miliki. Makin tinggi aktivitas sehari-hari, kebutuhan energi jadi semakin besar sehingga asupan kalori yang dibutuhkan pun juga jadi semakin tinggi. Hal inilah yang membuat kebutuhan kalori harian setiap orang bisa menjadi sangat berbeda-beda. 

Apa Dampaknya Kalau Kelebihan atau Kekurangan Kalori? 

cara-menghitung-kalori-untuk-diet.jpg

Setelah tahu kalau semua orang

basically

emang membutuhkan kalori buat bisa beraktivitas, bukan berarti asupannya nggak perlu dibatasi. Kalau kekurangan kalori bisa bikin Sista lemas dan nggak berenergi, kelebihan kalori juga bisa membawa banyak dampak lain. Salah satu yang paling umum diketahui, apalagi kalau bukan penambahan berat badan.

Yes, common knowledge

kalau kalori bisa ikut berperan dalam kenaikan berat badan emang benar adanya. Hal ini terjadi karena saat Sista mendapat asupan kalori melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh, kalori ini nggak akan semuanya ‘dibakar’ menjadi energi dan akhirnya tertimbun dalam tubuh. Kondisi akan semakin parah kalau Sista nggak banyak beraktivitas, karena kalori berlebih tersebut akan semakin jarang dibakar dan menyebabkan potensi kenaikan berat badan jadi semakin tinggi. 

To put it simple,

asupan kalori yang kita terima sehari-hari berarti harus selalu diperhatikan dan disesuaikan sama kebutuhan. Jangan sampai kekurangan, tapi juga jangan berlebihan. Soalnya, berbagai dampak ini udah menanti kalau Sista nggak mengontrol asupan kalori: 

Dampak Kalau Tubuh Kekurangan Kalori: 

  • Gampang lemas dan nggak bertenaga

  • Sistem peredaran darah terganggu

  • Gangguan hormon

  • Menghambat sistem metabolisme tubuh

  • Gangguan otot

  • dsb.

Dampak Kalau Tubuh Kelebihan Kalori:

  • Obesitas

  • Gampang dehidrasi

  • Hipertensi

  • Sembelit

  • Gangguan dinding arteri

  • Produksi lemak meningkat

  • Meningkatkan risiko kanker

  • dsb.

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…