20200305-Cover-Blog-Fakta-tentang-Hari-Perempuan-SM-BL.jpg

Apa Sih International Women's Day Sebenarnya? Ini 6 Fakta yang Semua Wanita Wajib Tahu! 

5 MARET 2020

Kalau bulan April punya Hari Kartini sebagai momen spesial buat wanita Indonesia, maka bulan Maret juga punya

International Women’s Day

(IWD). Diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret, banyak di antara Sista tentu sudah nggak asing dengan istilah

Hari Perempuan Internasional

. Tapi, bukan sekadar jadi momentum perayaan dan ‘bersenang-senang’, IWD ternyata punya makna, tujuan

,

serta sejarah yang jauh lebih mendalam. Buat menyambut datangnya

International Women’s Day

2020 yang tinggal menghitung hari, pastikan Sista sebagai wanita udah benar-benar memahami dulu 6 fakta penting seputar hari peringatan ini.

Because the more we know, the more we will feel the need to support each other as a woman!

1. Apa Sih International Women’s Day Sebenarnya?

merayakan-8-maret-hari-perempuan-internasional.jpg

Istilahnya sih udah nggak asing didengar di telinga, tapi apa sih tujuan diadakannya

International Women’s Day

sebenarnya? Kenapa pula sampai harus ada tanggal khusus yang ditetapkan setiap tahun untuk memperingati momen ini? Sebenarnya nih Sis, IWD bisa dianggap sebagai hari peringatan di mana wanita bisa bersama-sama menyuarakan hak sekaligus ‘melawan’ isu-isu diskriminasi atau ketidaksetaraan yang selama ini masih umum dialami kaum wanita. 

Di momen peringatan ini juga, wanita dari seluruh dunia diharapkan bisa makin diakui atas prestasi-prestasi mereka, tanpa memandang gender maupun

embel-embel

lain yang selama ini masih sering membatas-batasi kaum wanita. Dengan diperingatinya

International Women’s Day

setiap tahun, kita akhirnya akan terus mengingat bahwa emang masih ada banyak isu-isu seputar wanita yang masih belum terselesaikan.

Thus,

tanggal 8 Maret bisa jadi momentum yang tepat untuk kembali menggaungkan dan memperjuangkan isu-isu tersebut. 

2. Sudah Mulai Tercetus Sejak Tahun 1908

Sama kayak hari peringatan lain yang selalu menyimpan kisah di baliknya,

International Women’s Day

juga punya sejarah panjang dan sarat makna mendalam. Pada awal kemunculannya, sebenarnya sama sekali nggak ada tanggal khusus yang ditetapkan buat memperingati momentum ini. Cikal bakal munculnya peringatan IWD yang kita kenal sampai sekarang justru bermula murni dari aksi perjuangan 15 ribu buruh wanita di New York, Amerika Serikat, yang dengan berani bersama-sama melakukan demonstrasi untuk memperjuangkan hak-haknya. Soalnya, pada masa itu, banyak banget kebijakan yang dirasa sangat mendiskriminasi kaum perempuan, seperti nggak dapat hak buat ikut berpendapat, dapat gaji yang kecil, dsb. 

Setelah momentum perjuangan para buruh wanita New York di tahun 1908 itu, akhirnya mulai muncul juga banyak gerakan-gerakan perjuangan lain dari kaum wanita di berbagai negara. Di tahun 1913-1914 misalnya, para wanita di Eropa menyampaikan protes atas adanya perang dan juga menuntut hak agar wanita bisa memperoleh kesempatan menjadi pejabat publik. Aksi serupa juga terjadi di Rusia pada tahun 1917, di mana para wanita bersama-sama turun ke jalan buat menuntut hak bersuara dan ikut memilih dalam pemilihan pejabat dan para pemimpin negara. Melihat masifnya perjuangan dan keberanian para wanita yang terus terjadi di berbagai negara tersebut, akhirnya sejak tahun 1975 PBB secara resmi menetapkan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional yang dirayakan hingga sekarang.

Yippie!

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…