20200124_CT_Kepribadian_Cover-Blog-Landscape.jpg

(FUN QUIZ!) Kepribadian Mana yang Paling Mendominasi dalam Diri Sista?

24 JANUARI 2020

Kebiasaan, lingkungan tempat tinggal, hingga lingkungan sosial seseorang bisa ikut memengaruhi karakter yang terbentuk pada dirinya. Nggak heran, kalau setiap orang juga memiliki

personality

alias kepribadian yang berbeda-beda. Ada orang yang selalu memandang sesuatu dari sisi positifnya (optimistis), ada pula yang cenderung menyesalkan kondisi saat sesuatu nggak berjalan sesuai harapannya (pesimistis). Sista mungkin merupakan tipe orang yang selalu memandang segala sesuatu secara apa adanya (realistis), tapi saudara Sista bisa jadi tergolong sebagai tipe orang yang berusaha sebisa mungkin mendapatkan keuntungan dari suatu keadaan (oportunistis). 

Well,

jadi penasaran nggak sih kepribadian mana yang kira-kira paling mendominasi dalam diri Sista? Buat tahu jawabannya, coba mainkan dulu deh kuis yang sudah Sorabel siapkan ini. Jawab dengan jujur ya Sis, dan cek hasilnya di akhir artikel nanti. Selamat mencoba! 

canva-portrait-of-optimistic-woman-20s-wearing-sweatshirt-taking-selfi-MACPz_0Ecr8.jpg

1.

Sista diminta atasan melakukan

business-trip

ke luar kota, tapi akibatnya pekerjaan di kantor jadi semakin menumpuk. Gimana menurut Sista? 

a) Ya sudahlah nggak papa, anggap aja diberi kesempatan

refreshing

sebentar sebelum nanti ngebut lagi menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk. 

b) Kenapa nggak orang lain aja sih yang disuruh ke luar kota? Nggak tahu apa kalau pekerjaan di kantor lagi banyak banget. 

c) Gimana lagi, kita sebagai karyawan ya memang cuma bisa patuh sama tugas yang dikasih. Jalani ajalah. 

d) Asyik, biarin deh tugas di kantor menumpuk. Yang penting aku bisa jalan-jalan ke luar kota, lumayan kan gratisan dibayarin kantor. 


2. Sista baru aja beli

koleksi baru DEJAVU

di Sorabel, tapi teman Sista ingin meminjamnya buat datang ke

dinner party

. Sista bakal minjemin nggak? 

a) Pinjamin aja, toh yakin aja kalau bajunya juga nggak bakal diapa-apain dan pasti dikembalikan. 

b) Pengen minjemin sih, tapi takut kalau rusak atau nggak dikembalikan gimana. Lumayan nih belinya harus ambil uang tabungan dulu…

c) Mungkin nggak akan minjemin, dan kasih penjelasan baik-baik. Harusnya dia pasti ngerti kok kalau baju itu baru banget dan aku aja bahkan belum pernah pakai. 

d) Pinjemin tapi minta dia traktir makan sebagai gantinya hehe


3. Sista dan pasangan udah siap berangkat jalan-jalan pakai baju baru

Y&F

dan

OHMAN

, tapi tiba-tiba hujan turun super deras. Apa yang akan Sista katakan ke pasangan?  

a) “Untung belum berangkat, kalau udah malah bakal kehujanan di jalan”. 

b) “Yaah, coba berangkat dari tadi sebelum hujan. Gimana nih udah siap masa nggak jadi.”

c) “Ya udahlah gimana lagi, diganti nonton bareng di rumah aja deh jalan-jalannya.”

d) “Kan kita nggak jadi jalan-jalan nih, gantinya lain waktu yuk sekalian jalan-jalan ke luar kota aja!”


4.

Band

idola Sista diumumkan akan datang ke Indonesia. Tapi di tanggal yang sama, ada acara pernikahan sepupu yang harus didatangi. Apa reaksi Sista? 

a) It’s okay,

ada untungnya kan berarti aku nggak harus mengeluarkan uang buat beli tiket dan bisa dipakai buat menabung. 

b) Kenapa pengumumannya mendadak banget sih, coba kalau dari jauh-jauh hari kan aku bisa ngobrolin baik-baik ke sepupu kalau cuma bisa datang sebentar. 

c) Saudara lebih dari

band

idola, dong. Nggak mungkinlah meninggalkan acara penting sepupu demi datang ke konser. 

d) Merayu ke orang tua buat nggak ikut datang ke nikahan sepupu, kalau tetap dilarang minta dibelikan

merchandise band

idola sebagai gantinya. 


5. Saat lagi ke luar negeri, dompet teman Sista tiba-tiba hilang. Alhasil, kalian harus sibuk mencari-cari dan kehilangan banyak waktu buat jalan-jalan. Kira-kira apa yang akan Sista pikirkan? 

a) Kemarin kan sudah puas jalan-jalan, nggak akan rugi kok kalau hari ini difokuskan buat bantu mencari dompet teman. 

b) Sayang banget, kan kita udah mahal-mahal beli tiket ke luar negeri buat puas jalan-jalan. Coba aja dia lebih hati-hati menyimpan dompetnya. 

c) Membantu dengan maksimal, tapi kalau sudah nggak ada tanda-tanda bisa ditemukan mending mengajaknya berjalan-jalan lagi untuk mengusir kesedihan. 

d) Bantuin cari, tapi kalau udah ketemu langsung godain dia buat beliin sesuatu sebagai imbalan :p 


6. Sista membeli barang di Sorabel dengan layanan

Coba Dulu Baru Bayar (CDBB)

, tapi saat kurir datang Sista nggak ada di rumah dan nggak bisa mencobanya. Reaksi Sista? 

a) Nggak papa deh, masih untung ada orang rumah yang bisa menerima barangnya. 

b) Tahu gitu tadi aku nggak usah pergi, biar bisa cobain dulu barang yang kubeli :(

c) Namanya juga mendadak nggak tahu kalau ada paket bakal datang, jadi ya nggak usah disesali. Yang penting barangnya sampai dengan selamat. 

d) Protes ke orang rumah kenapa nggak mengabari kalau ada paket datang, dan kalau barangnya nggak cocok minta mereka untuk mengurusi proses returnya. 


7.

It’s your birthday!

Tapi, orang tua Sista sedang sangat sibuk dan berjanji akan mengganti tradisi makan malam di keesokan harinya. Sista bakal kesal nggak? 

a) Tentu aja enggak, masih bersyukur bisa merayakan ulang tahun dan makan bareng keluarga walaupun harus ditunda. 

b) Jujur kecewa sih, kan kalau makan-makannya besok udah berkurang suasana ulang tahunnya :(

c) Kecewa sih iya, tapi harus bisa menyadari kalau orang tua juga punya kesibukan dan nggak bisa berfokus pada ulang tahun kita aja. 

d) Kesal dong :( Karena udah ditunda, minta ke orang tua untuk merayakan ulang tahun di restoran yang lebih mewah. 


8. Sista ditawari untuk pindah bekerja di sebuah perusahaan yang masih sangat baru, tapi dengan posisi yang lebih baik daripada saat ini. Apakah Sista akan menerimanya?

a) Yes,

tanpa pikir panjang. Selama ada kesempatan lebih baik, harus diambil. Perusahaan baru juga pasti akan berkembang dengan usaha keras orang-orang di dalamnya, kok. 

b) Galau banget. Ingin menerima, tapi kalau ternyata perusahaannya nggak bisa berkembang gimana, kalau tiba-tiba tutup gimana?

c) Memilih buat bertahan di perusahaan saat ini dan nggak mau

gambling.

Karena masih ada kebutuhan yang harus dipenuhi. 

d) Menerima, tapi dengan syarat meminta perusahaan baru untuk memberikan angka nominal gaji yang sangat tinggi. 


9. Momen harbolnas datang, tapi keuangan sedang sangat tipis karena Sista baru saja jatuh sakit. Pendapat Sista?

a) Masih ada momen-momen harbolnas lainnya kok, nggak papa yang kali ini kelewatan. 

b) Coba aja waktu itu aku nggak sakit, bisa beli barang yang diidam-idamkan deh. 

c) Penyakit nggak ada yang tahu, disyukuri aja masih bisa berobat walaupun keuangan jadi menipis.

d) Coba merayu minta kiriman uang dari orang tua, pasti mereka kasihan lihat anaknya habis sakit dan nggak tega kalau nggak memberi.


10. Saat kenaikan kelas, Sista memberikan hadiah

baju Sunshine

untuk keponakan. Tapi ternyata dia sudah memiliki baju yang persis sama. Apa yang Sista lakukan?

a) Tetap memberikannya, bagus kan bisa dipakai untuk bergantian hehe

b) Menyesal karena harusnya Sista lebih dulu mengecek sebelum membeli

c) Memberikannya pada orang lain yang membutuhkan, karena untuk apa juga keponakan Sista memiliki dua baju yang persis sama 

d) Menyimpannya untuk diri sendiri, siapa tahu bisa digunakan untuk memberi kado ke anak teman yang sedang berulang tahun 

Jadi, Kepribadian Mana yang Paling Mendominasi di Diri Sista?

1. Paling Banyak Jawaban A: Pribadi Optimistis

smiling-woman-representing-a-pragmatic-optimist.jpg

You’re for sure is an optimist,

Sis! Bahkan dalam kondisi-kondisi paling buruk sekali pun, Sista selalu bisa memandang sesuatu dari sisi positifnya. Sista yakin banget, kalau setiap kejadian yang ada dalam hidup pasti memiliki alasan dan hikmahnya sendiri. Jadi daripada menyalahkan keadaan, Sista lebih memilih buat mencari hal positif yang tersembunyi tersebut. Nggak cuma membuat Sista lebih mudah bersyukur

,

sikap optimistis juga bisa membuat hidup terasa lebih bahagia, lho. 

Bahkan, menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa wanita optimistis biasanya akan memiliki usia hidup lebih lama karena ia nggak akan mudah terbebani dengan rasa stres atau tertekan. Tapi ingat, bersikap optimis bukan berarti membuat Sista menjadi naif, ya. Ada kalanya Sista juga tetap perlu mengakui kegagalan agar bisa mengekspresikan kekecewaan. Merasa sedih atau kecewa itu wajar dan manusiawi banget, kok. Apalagi dengan optimisme yang Sista punya, rasa kecewa itu juga pasti akan lebih mudah diatasi!

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…