20200208_CT_Love-Language_Cover-Blog.jpg

(FUN QUIZ!) Know Yourself Better, Cari Tahu Yuk Love Language Apa yang Sista Miliki!

8 FEBRUARI 2020

Bertepatan dengan jatuhnya hari Valentine

,

Februari sering diidentikkan sebagai ‘bulan cinta’. Tapi, sebelum saling membagikan kasih, ada baiknya Sista mengenal dulu konsep

love language

.

Buat yang belum familiar dengan istilah ini, Sorabel kasih bocorannya, deh.

Love language

atau bahasa cinta bisa didefinisikan sebagai gaya atau preferensi seseorang mengenai bagaimana ia ingin dicintai atau diperhatikan oleh orang-orang di sekelilingnya. Sista bisa aja merasa

happy

saat orang terdekat memberi perhatian dalam bentuk hadiah, tapi orang lain bisa jadi justru akan merasa lebih senang saat diberi perhatian dalam bentuk kata-kata. 

Why-Love-Is-a-Good-Drug-for-Mind-and-Body-ftr.jpg

Nah, perbedaan cara seseorang ingin dicintai dan dihargai inilah yang disebut sebagai

love language.

Agar keluarga, sahabat, atau pasangan bisa memberi perhatian yang lebih berkesan dan

memorable

di hati, nggak ada salahnya untuk menyampaikan

love language

yang Sista punya pada mereka. Dengan begitu, mereka juga bisa menunjukkan kasih sayang lewat cara-cara yang memang Sista suka.

Eits,

tapi belum tahu apa bahasa cinta Sista? Tenang, Sorabel akan bantu mengidentifikasinya lewat kuis di bawah ini. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur dan cek apa

love language

Sista di akhir artikel, ya! 

1. Di hari ulang tahun, Sista bakal paling bahagia kalau orang-orang terdekat memberi hadiah berupa apa? 

a) Puisi atau lagu

b) Diajak jalan-jalan ke tempat yang Sista suka 

c) ‘Tiket’ gratis dipijat buat mengusir capek

d) Bunga, boneka, baju, atau barang koleksi

e) Pelukan hangat dan ucapan selamat udah lebih dari cukup

>


2. Coba jujur, apa sih hal yang paling sering jadi alasan Sista merasa kesal atau bertengkar sama pasangan selama ini? 

a) Jarang dihubungi, dia cuek banget

b) Dia sibuk terus sama kerjaan, waktu buat akunya kapan?

c) Dia maunya dimanjakan, tapi nggak mau memanjakan

d) Nggak romantis, masa nggak pernah kasih hadiah/kejutan bahkan yang kecil sekalipun

e) Orangnya terlalu ‘kaku’, kadang jadi merasa berjarak sama dia


3. Menurut definisi dan pandangan Sista, apa sih sahabat itu sebenarnya? 

a) Pendengar dan telinga yang siap berbagi kisah sedih maupun bahagia 

b) Saat banyak orang pergi, dia adalah salah satu yang akan tetap setia menemani

c) Orang yang bisa tahu apa keinginan dan kesukaan Sista tanpa harus berkata-kata

d) Sosok paling royal hingga seolah udah nggak ada lagi perhitungan di antara kalian

e) Lengan untuk memeluk, bahu untuk bersandar


4. Saat hari raya, seluruh keluarga besar berkumpul bersama. Apa yang paling Sista tunggu-tunggu dari momen seperti itu? 

a) Kesempatan mendengarkan nasihat & cerita menarik dari saudara yang lebih tua 

b) Tentunya waktu kumpul-kumpul dan bercanda sampai perut sakit :D

c) Masak-masak makanan favorit,

so yummy! 

d) THR alias uang hari rayanya dong :p

e) Kesempatan buat melepas rindu sama saudara yang udah lama nggak berjumpa


5. Banyaknya kerjaan di kantor bikin

mood

Sista jelek seharian! Hal apa yang bakal paling bisa membuat Sista kembali ceria?

a) Sedikit kata

‘you did a great job’

dari teman atau atasan

would be really nice

:’) 

b) Pulang ke rumah, lalu bisa menceritakan hari Sista pada keluarga atau pasangan

c) Bakal

happy

kalau sepulang kerja, rumah sudah rapi dan ada makanan favorit menanti

d) Dikasih ‘kejutan’ berupa satu

cup

kopi atau camilan aja mungkin udah bahagia

e) Pelukan dari orang-orang yang Sista sayangi pasti bisa menenangkan banget 


6. Sista menganggap hubungan dengan orang lain (baik itu teman, pasangan, dll) sudah dekat dan nggak canggung lagi ketika…..

a) Sista bisa bebas bercerita apapun tanpa ada yang ditutup-tutupi

b) Sista akan secara refleks menghubungi mereka saat butuh bantuan

c) Kalian udah saling tahu sikap apa yang membuat nyaman dan tidak bagi satu sama lain

d) Sista udah nggak keberatan memberikan sesuatu asal mereka bahagia, begitu pun sebaliknya 

e) Sista udah nggak canggung bergandengan tangan, merangkul, atau melakukan kontak fisik lain dengan mereka


7. Kalau disuruh memilih, hal simpel tapi bermakna apa dari pasangan yang bakal paling sukses bikin Sista ‘

melting’

dan merasa tersentuh?

a) Menulis surat berisi alasan-alasan mengapa ia mengagumi Sista

b) Meluangkan waktu buat bertemu Sista di sela-sela kesibukannya

c) Dibela-belain menjemput Sista saat pulang kerja padahal jalanan lagi super macet

d) Diberi kejutan manis seperti

candle light dinner

berdua di restoran favorit

e) Secara otomatis selalu langsung menggandeng Sista saat lagi jalan berdua


8. Sista sedang marah besar pada pasangan karena kesalahan yang dia buat. Cara permintaan maaf seperti apa yang Sista harapkan dari dia?

a) Ungkapan kata maaf sambil dia secara

gentle

mengakui kesalahannya

b) Mengajak Sista pergi ke tempat favorit, sambil menjelaskan situasi sebenarnya 

c) Menunjukkan aksi nyata buat memperbaiki kesalahannya

d) Kayaknya bakal luluh kalau dia memberi hadiah barang yang sudah lama Sista incar

e) Ungkapan maaf tulus dengan menggenggam tangan Sista pasti bisa bikin luluh


9. Sejauh ini, dukungan apa sih dari kedua orang tua yang selalu Sista ingat dan bisa menjadi ‘suplemen’ penyemangat kalau Sista sedang merasa lelah? 

a) Pujian dan kepercayaan dari mereka yang selalu yakin kalau Sista pasti bisa meraih mimpi

a) Saat Sista pulang ke rumah dan bisa melihat mereka

excited

menyambut sambil bertanya tentang pekerjaan Sista, hal itu menyuntikkan rasa semangat tersendiri

c) Perlakuan-perlakuan kecil seperti merapikan kamar dan membuatkan makanan favorit saat Sista pulang kampung, bikin Sista merasa selalu ingin berjuang lebih buat mereka  

d) Orang tua Sista pernah memberikan hadiah berupa barang, dan setiap melihat barang itu secara tanpa sadar Sista akan kembali bersemangat buat menjalani kewajiban

e) Cara orang tua memperlakukan Sista seperti ‘anak kecil’ kebanggaan (mengusap rambut, merangkul, mencium) selalu ampuh membuat Sista merasa sangat disayangi dan ingin memberikan lebih buat mereka


10. Kalau boleh berandai-andai, apa sih

goal

yang ingin Sista capai di hari tua bersama pasangan nanti?  

a) Bisa tetap romantis dan nggak sungkan melempar pujian buat satu sama lain meski udah sama-sama tua dan renta 

b) Memiliki tabungan cukup dan bisa jalan-jalan keliling Indonesia atau dunia berdua :D

c) Menjadi sahabat satu sama lain yang siap saling melayani dan menghibur agar pasangan selalu merasa bahagia 

d) Memiliki rumah yang nyaman di pedesaan dari hasil jerih payah Sista dan pasangan

e) Nggak muluk-muluk, asal masih bisa menghabiskan waktu berdua dan saling menggandeng saat jalan sudah sama-sama terseok-seok, pasti bahagia banget :)

Yuk, Cek Apa Love Language yang Sista Punya!

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…