fun-quiz-sorabel-persiapan-menyambut-ramadhan-2020.jpg

(FUN QUIZ!) Ramadan Hampir Datang, Apa ‘Persiapan’ Sista yang Masih Kurang?

10 APRIL 2020

‘Menghitung hari, detik demi detik...’

hayo ngaku siapa yang udah bolak-balik lihat kalender buat memastikan Ramadhan tinggal berapa hari lagi? Yah, walaupun

situasi saat ini lagi serba nggak menentu

, semangat dan antusiasme buat menyambut datangnya bulan suci tetap nggak boleh surut, dong. Sama kayak tahun-tahun sebelumnya, persiapan menyambut Ramadhan tahun ini juga wajib diperhatikan dengan saksama. Jangan sampai ibadah Sista jadi kurang komplet karena ada

preparation

yang kurang, baik itu yang bersifat ‘fisik’ maupun kesiapan mental dari dalam diri Sista sendiri. Mumpung Ramadan belum datang, Sorabel mau membantu Sista mengecek lagi nih mana-mana aja aspek yang masih kurang dan perlu dipersiapkan dengan lebih matang. Jawab jujur pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, lalu tanyakan lagi pada diri sendiri. Benar nggak Sista perlu cepat-cepat ‘memperbaiki’ hal-hal ini?  

hal-hal-yang-harus-dipersiapkan-muslimah-menyambut-bulan-ramadhan.jpeg

1. Selama ini, apa yang paling sering Sista lakukan sepulang sekolah, kuliah, atau kerja?

a) Main

game,

nonton YouTube, atau nonton film kadang sampai begadang :D 

b) Makan malam, terus langsung tidur soalnya udah capek banget 

c) Masih lanjut kerja :( habis gimana waktu di kantor kayak nggak cukup

d) Menyapa keluarga bentar, terus langsung tidur

e) Jajan dan

order

makanan lewat aplikasi

online,

makanan adalah hiburanku! :p 


2. Dari aktivitas-aktivitas di bawah ini, mana yang paling jarang Sista lakukan sehari-hari? 

a) Bangun pagi dan olahraga, susaaah banget rasanya  

b) Sarapan, udah serba keburu-buru nggak sempat nyiapin 

c) Hmmm,

waktu buat ibadah

I think?

Pengen ngaji rutin tapi belum terwujud

d) Deep talk

atau

sharing

berkualitas sama orang lain, udah terlalu sibuk sendiri-sendiri 

e) Menabung wkwk, rasanya gaji atau uang jajan habis terus


3. Kalau ada yang ‘disesali’ dari Ramadan tahun-tahun sebelumnya, apa yang langsung muncul di benak Sista?

a) Sering

skip

sahur gara-gara kesiangan

b) Banyak hutang puasa gara-gara sakit :( 

c) Jarang tarawih berjamaah soalnya seringnya masih kerja 

d) Kayaknya masih kurang berbagi ke sesama deh selama Ramadan sebelum-sebelumnya

e) Nggak maksimal memberi sesuatu ke keluarga soalnya uang keburu ludes duluan :( 


4. Coba diingat-ingat lagi, selama ini Sista paling sering jatuh sakit gara-gara apa? 

a) Kurang olahraga sih kayaknya, tubuh jadi gampang nggak fit

b) Makan nggak teratur, habis gimana kalau lagi sibuk suka lupa makan.

c) Kecapekan dan terlalu sibuk kerja jadi kurang istirahat. 

d) Kurang hiburan wkwk :( serius karena kurang

refreshing

jadi gampang sakit

e) Stres dan banyak pikiran. Ada aja masalah mulai kerjaan, keuangan, dll. 


5. Semua orang pasti punya kekurangan. Kalau diminta menilai, mana sih yang paling bikin Sista sendiri nggak nyaman dan pengen segera diubah?

a) Manajemen waktuku kurang bagus, hidup jadi kayak nggak teratur

b) Kurang bertanggung jawab sama diri sendiri 

c) Seolah nggak pernah puas dan sulit bersyukur

d) Masih terlalu memikirkan diri sendiri & kurang memperhatikan sekitar

e) Boros dan impulsif


6. Di

blog Sorabel

kan ada banyak artikel, mana yang kira-kira paling pengen Sista baca duluan dari judul-judul di bawah ini: 


8. Saat

weekend

datang, biasanya apa yang Sista lakukan buat menghabiskan waktu? 

a) Tidur, tidur, dan tidur seharian. Kalaupun nggak tidur, tetap rebahan hehe. 

b) Makan dan ngemil terus-terusan, pokoknya perut kenyang hati senang deh! 

c) So sad but true, weekend

pun aku masih sering kudu tetap pegang kerjaan :(

d) ‘Hibernasi’ dan mengurung diri di kamar. Udah nggak merhatiin sekitar, yang penting aku

comfy. 

e) Belanja

online,

belanja ke pasar atau supermarket, pokoknya belanja dan belanja! 


9. Coba ngaku dulu, waktu salat apa yang selama ini paling sering kelewat sama Sista? 

a) Subuh, sering kesiangan hu hu

b) Isya, soalnya tiap habis makan malam pasti ngantuk terus ketiduran

c) Duhur dan ashar, keasyikan kerja kadang jadi nggak sadar kalau udah azan

d) Magrib mungkin ya, kadang masih kejebak macet di jalan

e) Nggak tentu sih, pokoknya kalau lagi senang-senang biasanya suka lupa. Misalnya pas lagi di

mall,

jalan-jalan, dll.   


10. Tiap tahunnya, apa sih yang paling bikin Sista

excited

dan dinanti-nanti dari bulan Ramadan? 

a) Rutinitasnya yang terasa spesial. Bangun lebih pagi, malam hari ada tarawih, dll 

b) Somehow

hidup jadi kerasa lebih sehat, pola makan jadi lebih terjaga

c) Jadi momen buat memperbaiki dan ‘meng-

upgrade’

ibadah dan kehidupan beragama

d) Ramadan selalu jadi pengingat buat lebih berbagi kebahagiaan ke orang lain

e) Lebih bisa menghemat

budget

soalnya frekuensi makan berkurang :p 

Hmmm,

Kayaknya Ini Deh ‘Persiapan’ yang Perlu Lebih Sista Perbaiki Lagi Sebelum Ramadan Datang!

1. Paling Banyak Jawaban A: Yuk, Lebih ‘Rapikan’ Lagi Pola Hidup Sista!

persiapan-muslimah-menyambut-ramadhan-perbaiki-pola-hidup.jpg

Tidur larut malam, bangun kesiangan, dan aktivitas dijalani dengan serba terburu-buru. Dari banyaknya jawaban A yang dipilih, sadar nggak sih kalau selama ini Sista emang masih kurang bisa me-

manage

waktu dan pola hidup dengan rapi? Jangankan buat olahraga pagi atau menyiapkan sarapan, bangun pun masih sering banget mepet sama jam berangkat. 

Nggak heran, kalau melewatkan sahur seolah udah jadi ‘rutinitas’ yang akrab Sista alami. Di Ramadan tahun 2020, nggak mau dong hal yang sama kembali terulang?

That’s why,

salah satu persiapan menyambut Ramadhan yang wajib banget segera Sista lakukan adalah memperbaiki dan ‘merapikan’ lagi pola hidup dan rutinitas sehari-hari. Mulai sekarang, coba deh ciptakan kebiasaan tidur lebih cepat, bangun lebih pagi, serta sempatkan olahraga dan menyiapkan sarapan buat diri sendiri. Dengan begitu, nggak akan ada lagi cerita melewatkan sahur saat Ramadan nanti dan ibadah pun juga bisa dijalani dengan lebih teratur dan menyenangkan! 

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…