20200213_CT_Neckline-Clothes_Cover-Blog.jpg

Kamus Fashion Jilid 15: V-Neck hingga Off Shoulder, Yuk Kenali Jenis-Jenis Neckline Pakaian! 

13 FEBRUARI 2020

Membicarakan tentang model pakaian emang seolah nggak ada habisnya! Berbeda desain di bagian-bagian tertentu, akan berbeda pula istilah atau cara penyebutannya. Kali ini, Sorabel akan mengajak Sista mengenal lebih jauh jenis-jenis

neckline

yang umum ditemui pada pakaian wanita. Tapi sebelumnya, Sorabel mau tanya dulu nih, Sista tentu pernah dong mendengar istilah seperti

v-neck, off shoulder,

atau

halter neck?

Meski namanya mungkin sudah terdengar nggak asing, tahu nggak sih di mana sebenarnya letak perbedaan jenis-jenis pakaian ini? 

Well,

perbedaan di antara ketiganya rupanya terletak pada bagian lubang leher, atau yang dalam dunia desain akrab dikenal dengan istilah

neckline.

Asyiknya, jika Sista memahami jenis-jenis potongan leher pada baju, Sista akan lebih mudah pula mengenali mana tipe yang paling sesuai dan tepat digunakan sesuai karakter tubuh.  Biar nggak makin bingung dan bisa membedakan macam-macam potongan leher (

neckline

) pada pakaian, langsung aja baca artikel ini, yuk. Jangan lupa disebarkan pada wanita-wanita lain juga ya Sis agar nggak ada lagi yang salah sebut! :p 

1. V-Neck 

91f48fd2834aec2b121f5625441853d5.jpg

Kalau yang satu ini, mungkin bisa dibilang menjadi salah satu jenis

neckline

yang sudah paling umum ditemui serta mudah pula dikenali.

Yes,

sesuai namanya, istilah

v-neck

merujuk pada pakaian yang memiliki bentuk lubang leher menyerupai huruf ‘V’ atau segitiga terbalik. Artinya, pakaian dengan model

v-neck

didesain dengan potongan leher yang melebar di bagian pundak, lalu kemudian makin mengerucut di bagian dada. Popularitas

v-neck

di kalangan wanita mungkin sangat beralasan, karena jenis

neckline

ini memang cocok dan ‘aman’ banget digunakan oleh berbagai karakter tubuh. Buat Sista yang memiliki bagian dada kecil, Sorabel sarankan buat memakai pakaian

v-neck

dengan bentuk huruf ‘V’ yang nggak terlalu dalam, untuk memberi ilusi dada terlihat lebih berisi. Sebaliknya, wanita dengan bagian dada besar atau memiliki leher pendek akan sangat ideal menggunakan pakaian

v-neck

berpotongan dalam, karena bisa menyeimbangkan bentuk dada serta memberi ilusi leher lebih jenjang.  

2. Off Shoulder 

7f7e24f15e72bc0a3ba2f21ca6af46ce.jpg

Sering dikenal pula dengan istilah

bardot

dalam dunia desain

,

pakaian dengan

neckline

berbentuk

off shoulder

memiliki karakteristik utama garis potongan leher yang terbuka dan berbentuk lurus dari satu bagian lengan ke bagian lengan yang lain.

Yes,

alih-alih dihubungkan dengan tali atau

strap

, pakaian

off shoulder

emang dibiarkan ‘menggantung’ di antara dua lengan sehingga mengekspos bagian

collar bone

dan pundak Sista. Di Indonesia, banyak orang sering salah menganggap pakaian

off shoulder

dengan sebutan ‘sabrina’, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Wanita yang memiliki bentuk tubuh

pear shape

akan sangat cocok menggunakan tipe

neckline

ini, karena bisa membuat pundak kecil Sista terlihat lebih lebar dan seimbang dengan bagian pinggul yang berisi. Tapi, kalau Sista memiliki bagian pundak yang sudah lebar atau

lengan besar

, sebaiknya pikir ulang untuk memakai jenis pakaian ini karena akan semakin mengekspos tubuh bagian atas Sista dan membuatnya semakin terlihat besar.      

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…