Miss Sorabel Diary Part 1: Singapura, Lebih dari Sekadar Jalan-Jalan!

12 JANUARI 2020

Dear diary,

Singapura buatku dan banyak orang Indonesia lain mungkin udah jadi sebuah negara yang sama sekali nggak asing. Jaraknya dekat, pilihan maskapai penerbangannya pun super variatif, bikin negara dengan ikon patung

Merlion

ini sebagai tempat paling pas kalau kita butuh liburan dan momen

escape

singkat dari sibuknya kerjaan. Karena itu, waktu pertama kali dapat kabar kalau aku bakal pergi ke Singapura bareng Sorabel, awalnya aku nggak mengantisipasi apa-apa. Senang dan

excited

karena bisa jalan-jalan sih iya, tapi

that’s it.

Karena ini bukan pertama kalinya aku pergi ke Singapura, udah nggak ada rasa penasaran yang bikin aku merasakan

something different.

Satu hal yang aku nggak tahu, ternyata perjalanan kali ini bakal membawa aku pada banyak hal dan pelajaran baru.

So here I am,

memutuskan buat nulis

diary

ini biar nggak lupa sama pengalaman-pengalaman seru yang udah kulewati di sana.

Ganti Baju Berkali-kali di Toilet Bandara?

I Did It!

Ini memang bukan jadi kunjungan pertamaku ke Singapura. Tapi, kalau biasanya aku pergi bareng keluarga atau teman, kali ini untuk pertama kalinya aku harus pergi bareng rekan kerja alias para

crew

Sorabel yang terdiri dari Kak Salza, Kak Irene, dan Kak Edu.

Yes,

nggak sekadar jalan-jalan, kunjunganku ke Singapura kemarin emang juga didokumentasikan dalam bentuk konten di

YouTube

dan

website

Sorabel. Anehnya, meski ini akan jadi pengalaman pertama pergi ke luar negeri ‘sendirian’ tanpa ditemani orang-orang terdekat, aku merasa

enjoy

dan sama sekali nggak khawatir. Mungkin karena udah cukup dekat juga dengan Kakak-Kakak Sorabel kali ya, jadi berasa tetap nyaman dan seolah pergi bareng teman.

Perbedaan pengalaman pertama kerja ke luar negeri udah kurasakan sejak tahap persiapan. Biasanya nih, proses

fitting

baju untuk

shooting video

atau

photoshoot

dilakukan langsung di hari H. Tapi, khusus buat perjalanan ke Singapura, kita tentu aja udah harus

fitting

sejak jauh-jauh hari. Sekitar seminggu sebelum keberangkatan, aku udah harus datang ke kantor dan melakukan

mix and match

bareng

fashion stylist

Sorabel. Di situ, kita bahkan udah harus menentukan suatu baju akan dipakai untuk apa, di tempat mana, hingga menyiapkan pasangan

outfit

cadangan untuk berjaga-jaga. Pokoknya, kita harus

make sure

kalau di Singapura nanti kita bisa langsung ganti baju tanpa perlu bingung milih-milih dan

mix and match

lagi, deh!

Setelah semua persiapan lengkap, akhirnya tiba juga hari keberangkatan kami. Tepat di tanggal 26 November 2019, aku bersama ketiga

crew

Sorabel bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta ke Bandara Changi pada pukul 9 pagi. Menghabiskan kurang lebih 3 jam perjalanan, kami sampai di Singapura sekitar pukul 12 siang. Terus, apakah kami langsung ke hotel atau tempat wisata seperti agenda jalan-jalan pada umumnya? Oh, tentu saja tidak. Karena kami memerlukan beberapa

video footage

dan foto dengan

setting

bandara, setiba di Changi kami pun langsung melakukan

dan

video shooting

terlebih dahulu. Namanya juga

photoshoot

di bandara, fasilitasnya juga harus memanfaatkan apa yang ada dong. Karena harus mengambil foto dengan beberapa

outfit

sekaligus, jadilah untuk pertama kalinya aku merasakan pengalaman membongkar koper besar sampai ganti baju bolak-balik di toilet bandara.