20200126---Cover-Blog---Miss-Sorabel-Diary-Part-2-SM-BL.jpg

Miss Sorabel Diary Part 2: Memetik Pelajaran Baru dari Perjalanan Memulai Karir!

26 JANUARI 2020

26 Januari 2020 

Dear diary, 

Kalau diingat-ingat, rasanya baru kemarin aku pindah ke Jakarta dan memutuskan serius berkarir bersama Sorabel

.

Tapi ternyata, kepindahanku sudah berlangsung hampir setahun lamanya.

Yep,

sejak memutuskan pindah dari Semarang hingga akhirnya

menyandang gelar Miss Sorabel di tahun 2019

, itu artinya sudah hampir setahun juga aku memulai karir di dunia profesional. Meski sejak zaman sekolah aku udah sering mengambil

job modelling,

tapi itu dilakukan dalam status ‘sambilan’ alias masih disambi dengan peran utamaku sebagai pelajar.

Then,

baru di tahun lalu lah aku akhirnya mencicipi gimana rasanya menjadi seorang ‘pekerja’ yang sebenarnya. 

20191010_EC_IU_SB-Product-Look3-Outer.jpg

Meski baru setahun bekerja

full time, surprisingly

udah ada banyak banget pelajaran baru yang bisa aku petik. Termasuk, tentang

habit

atau kebiasaan apa aja yang ternyata penting dimiliki oleh orang-orang yang baru memulai karir di dunia profesional kayak aku.

To remind myself about this really important habits,

kuputuskan buat menuliskan pelajaran yang aku dapat di sini. Dengan gitu, aku juga nggak akan lupa untuk terus menerapkan dan memegang kebiasaan-kebiasaan penting ini sebagai prinsipku dalam bekerja.

So here we go,

4

habits

atau sikap penting yang wajib dimiliki oleh para pemula di dunia kerja versi Viola Graciela! Hehe :D

1. On Time is A Must! 

e9293dc7-059a-4dbe-858d-a10c1eab8258.jpg

‘Waktu adalah uang’, mungkin dulu cuma terdengar seperti pepatah klasik buat aku. Tapi, sejak mulai menjajaki dunia kerja, sekarang aku tahu kalau kalimat itu emang penting banget buat dipegang sebagai prinsip dasar. Apalagi, untuk orang-orang yang baru memulai karir seperti aku. Alkisah, selama menyandang status sebagai Miss Sorabel 2019, aktivitas seperti

editorial photoshoot

hingga

shooting

video

menjadi kesibukan yang akrab kulakukan sehari-hari. Sementara dalam dunia kerja, nggak bisa dipungkiri kalau kita nggak bisa melakukan semua pekerjaan sendiri.

That’s why,

akan selalu ada yang namanya

teamwork

alias kerjasama tim. Dalam bidangku, kerjasama itu akan melibatkan banyak banget pihak, mulai dari fotografer, videografer,

fashion stylist, makeup artist,

dan masih banyak lagi. 

Itu artinya, sekali aja terlambat, kita secara nggak langsung juga akan memengaruhi dan menyulitkan pekerjaan banyak orang. Waktu mereka terbuang, dan proses produksi pun akan menjadi lebih lama dari seharusnya. Padahal, aku tahu betul kalau pekerjaan semua orang tentu juga banyak dan nggak hanya berfokus di satu proses

photoshoot

atau

video shooting

itu aja. Meski di depan kita teman-teman setim mungkin terlihat memaklumi dan nggak marah, keterlambatan bisa banget memengaruhi persepsi dan penilaian mereka pada kita sebagai pekerja baru. Istilahnya nih, kita aja nggak suka nunggu, maka kalau bisa ya jangan membuat orang lain menunggu. Karena itu, sebisa mungkin aku juga selalu membiasakan diri meminta maaf dan mengabari lewat

chat

jika memang sangat kepepet harus datang terlambat.

And of course,

aku berusaha tegas juga pada diriku sendiri untuk lebih memperhatikan manajemen waktu di hari-hari berikutnya. 

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…