20200125_CT_Novel-Inspiratif_Cover-Blog.jpg

5 Novel Populer Indonesia untuk Tingkatkan Motivasi di Tahun Baru 

25 JANUARI 2020

Bulan Januari sudah memasuki minggu-minggu terakhir, gimana nih

progress

Sista dalam menggapai

resolusi tahun baru

yang dibuat di awal tahun? Semoga masih tetap konsisten dan lancar menjalankannya ya, Sis! Buat memenuhi target-target yang ingin dicapai, nggak bisa dipungkiri kalau setiap orang juga selalu membutuhkan semangat dan motivasi tinggi.

The good news is,

motivasi tersebut bisa banget didapatkan dari berbagai hal, termasuk buku yang Sista baca. 

Nggak harus lewat buku-buku motivasional, Sista bahkan juga bisa lho mendapatkan suntikan semangat dengan membaca novel. Mumpung masih di momen awal tahun, Sorabel akan memberi rekomendasi 5 novel populer dari penulis-penulis dalam negeri yang nggak cuma punya kisah super seru, namun juga menginspirasi dan bisa meningkatkan semangat Sista dalam menjalani perjuangan hidup sehari-hari! 

1. Tetralogi Laskar Pelangi 

tetralogilp1.jpg

Buat yang udah pernah menonton film Laskar Pelangi atau Sang Pemimpi, tentu sudah nggak asing dong dengan tokoh Ikal, Lintang, Kucai, Mahar, dan kawan-kawan?

Yes,

karena popularitasnya yang sangat tinggi, dua dari empat buku karangan Andrea Hirata ini memang sudah diangkat pula dalam film layar lebar. Tapi, ada ungkapan yang bilang kalau film nggak akan pernah seratus persen sama dengan isi bukunya.

That’s why,

kalau Sista belum membaca seluruh keempat seri dari tetralogi Laskar Pelangi, Sorabel rekomendasikan untuk segera membacanya sekarang di momen tahun baru ini! 

Mengisahkan perjuangan sekelompok anak kecil dari Belitung buat menuntut ilmu di tengah berbagai keterbatasan, tetralogi Laskar Pelangi emang akan membawa para pembacanya ikut memaknai arti dari sebuah mimpi dan perjuangan. Membaca cerita Ikal dan kawan-kawan, Sista akan dibuat kembali percaya deh kalau nggak ada namanya mimpi yang terlalu tinggi. Berawal dari desa kecil di Timur Indonesia, siapa yang menyangka jika para pembaca akhirnya juga akan dibawa mengenal betapa mengagumkannya dunia pendidikan di Universitas Sorbonne Prancis, hingga ikut ‘menjejakkan kaki’ di desa menawan Edensor di pinggiran Inggris. Kalau Sista mulai merasa

stuck

atau malas-malasan di tahun baru ini, segera baca aja keempat buku Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Nggak malu sama tokoh anak-anak muda super inspiratif yang sukses mengejar mimpi? 

2. Sepatu Dahlan 

sepatu-dahlan.jpg

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan motivasi adalah dengan melihat sosok-sosok yang bisa memberikan banyak inspirasi. Karena itu, buku yang diangkat dari kisah hidup mantan menteri BUMN sekaligus pendiri media massa, Dahlan Iskan, ini juga bisa banget Sista baca buat menambah suntikkan semangat di awal tahun. Siapa yang menyangka, jika salah satu tokoh besar negeri tersebut pernah menjalani masa kecil yang berat, di mana kondisi finansial keluarganya bahkan berada di bawah garis kemiskinan. Lewat novel ini, Sista lagi-lagi akan diajak memahami bahwa sebuah kesuksesan memang terkadang harus ditempuh lewat jalan yang panjang dan nggak mudah. 

Dikisahkan, sosok Dahlan kecil terlahir di sebuah desa kecil di Jawa Timur. Jangankan bermimpi untuk menjadi menteri, memakai sepatu saat pergi ke sekolah pun menjadi sebuah angan-angan yang nggak bisa ia raih. Lalu, apakah akhirnya Dahlan bisa mendapatkan sepatu untuk pergi ke sekolah? Buat tahu jawabannya, yuk baca novel yang ditulis oleh novelis Khrisna Pabichara ini. Meski secara nggak langsung menceritakan biografi dan kisah inspiratif dari sang menteri, bumbu-bumbu ‘pemanis’ khas cerita fiksi dijamin nggak akan membuat Sista bosan deh saat membaca novel ini. Cocok banget buat Sista yang butuh mendapatkan suntikan motivasi dari tokoh inspiratif, tapi nggak terlalu suka membaca buku non-fiksi. 

0 Komentar • 0 Suka
Sedang memuat…