5 Kebiasaan yang Penting Dimiliki di Tempat Kerja
20 September 2019

Di dunia kerja, skill aja terkadang nggak cukup membuat Sista bisa meraih karir yang memuaskan. Lebih dari itu, sikap dan profesionalitas juga akan menjadi faktor penting yang ikut menentukan perjalanan karir Sista ke depannya. Itulah kenapa, keahlian yang Sista miliki sebaiknya juga diimbangi dengan kebiasaan dan sikap yang baik di tempat kerja. Agar karir Sista lancar dan bisa mendapat kepercayaan dari atasan maupun rekan kerja, jadikan 5 kebiasaan ini sebagai pedoman bekerja sehari-hari, yuk!

1. Berikan Hasil Lebih Baik dari yang Diminta

Saat mendapatkan tugas di tempat kerja, mengerjakannya dengan setengah-setengah adalah hal yang pantang banget dilakukan. Sebab, saat atasan memberikan suatu tugas, itu artinya Sista sudah dipercaya dan dianggap mampu menyelesaikannya dengan baik. Jangan sia-siakan kepercayaan tersebut dengan selalu memberikan usaha dan kemampuan yang maksimal ya, Sis. Kalau bisa, biasakan untuk memberikan hasil yang lebih baik daripada yang diminta. Dengan begitu, Sista akan dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab dan memang bisa diandalkan. Ini juga akan berpengaruh dengan penilaian kerja Sista nantinya, lho.

2. Tunjukkan Rasa Ingin Belajar yang Tinggi 

Saat diterima di suatu perusahaan, kemampuan Sista tentu dianggap sudah memenuhi ekspektasi yang dicari. Tapi, jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk merasa arogan dan malas belajar. Sebaliknya, manfaatkan betul kesempatan bertemu orang-orang baru untuk menambah ilmu dan pengetahuan. 

Banyak-banyaklah bertanya, berdiskusi, hingga meminta pendapat pada orang-orang yang Sista temui di tempat kerja. Keinginan belajar yang tinggi akan membuat Sista terus berkembang dan semakin kompeten. Siapa tahu, Sista bisa mendapat skill baru yang sebelumnya nggak dimiliki dan menjadi pribadi yang semakin multitalented, bukan?  

3. Be a Problem Solver! 

Kepercayaan di tempat kerja itu mahal harganya, setuju nggak? Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, salah satunya bisa dilakukan dengan aktif menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Alangkah lebih baik jika Sista bisa mengusulkan ide, saran, atau gagasan yang bisa membuat perusahaan semakin berkembang. Kalau ada masalah yang belum menemukan jalan keluar, jangan ragu juga untuk berbagi solusi yang Sista miliki. Namun, ingat untuk nggak memaksakan pendapat dan tetap menghargai ide dari rekan-rekan yang lain juga ya, Sis. Semakin banyak ide brilian yang bisa dikolaborasikan, tentunya pencapaian juga akan semakin gemilang! 

4. Organized dan Nggak Berantakan

Apapun bidang kerja yang Sista geluti, kemampuan organizing dan manajemen yang baik tetap penting untuk dimiliki. Hal yang perlu ‘ditata’ pun nggak selalu berkaitan dengan file atau dokumen, melainkan juga waktu, pembagian tugas, dan lain sebagainya. Agar pekerjaan nggak keteteran, sempatkan waktu setiap pagi untuk mencatat list pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan hari itu dan bagi berdasarkan prioritasnya. Dengan begitu, Sista sudah tahu harus melakukan apa saat tiba di kantor dan waktu bekerja pun menjadi lebih efisien. 

5. Bijak dalam Berpenampilan

Nggak bisa dipungkiri, penampilan adalah hal pertama yang akan dilihat orang lain dari diri kita. Jika Sista berpakaian sembarangan atau tidak sesuai dengan budaya di tempat kerja, kesan teledor dan kurang menghargai akan muncul. Karena itu, biasakan untuk selalu berpakaian sesuai profesi, budaya perusahaan, dan orang-orang yang akan ditemui. Saat hendak menemui klien misalnya, tentu Sista sebaiknya menghindari berpakaian terlalu kasual karena akan dianggap kurang menghormati. Ingatlah bahwa bijak dalam berpenampilan juga menjadi hal penting di dunia profesional! 

Apabila Sista konsisten menerapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, bukan tidak mungkin karir Sista akan cepat berkembang. Selalu bersikap baik dan bertanggung jawab di tempat kerja nggak hanya menunjukkan kalau Sista adalah orang yang cakap, tapi juga membuat orang-orang di sekitar lebih respect dan nggak ragu meletakkan kepercayaan pada Sista. Semoga kehidupan karir Sista selalu lancar!

 

14 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista