5 Tips Belanja Pakaian Hemat & Efektif untuk Sista yang Berhijab!
06 Desember 2019

Butuh membeli atasan, bawahan, aksesori, hijab, hingga inner, daftar belanjaan Sista yang berhijab memang cukup seabrek! Hal ini nggak jarang membuat banyak hijabers kewalahan, karena harus mengeluarkan budget lebih banyak saat belanja pakaian. Kalau nggak pandai melakukan pengelolaan, jangan heran apabila anggaran belanja akan membengkak jauh dari rencana awal. Nah, buat membantu para hijabers mengatasi keresahan akibat banyaknya kebutuhan fashion tersebut, Sorabel punya tips dan trik belanja efektif yang bisa diikuti, nih. Penampilan stylish tetap didapat, dompet pun tetap aman karena nggak harus dikuras habis-habisan! 

1. Outer is Your ‘Best Friend’! 

Vest semacam ini bisa banget lho dipadukan dengan tunik atau gamis! 

Stilo Ambreya Houndstood Collar Vest, Rp169.000.

Saat belanja, Sista tentu harus terlebih dahulu menentukan prioritas mengenai item mana yang bisa dibeli lebih banyak dan mana yang cukup dibeli seperlunya. Buat wanita berhijab, mempertimbangkan membeli lebih banyak jenis pakaian luaran alias outer bisa dijadikan pilihan tepat. Sudah bukan rahasia, kalau outer seperti jaket, blazer, cardigan, vest, hingga cape mudah banget dipadupadankan dengan berbagai fashion item lain. Bahkan, hanya dengan satu outer, Sista bisa mendapatkan banyak look sekaligus. Tinggal eksplorasi saja kemampuan mix and match Sista! Dengan begitu, Sista nggak perlu membeli terlalu banyak pakaian demi mendapatkan banyak gaya padu padan yang berbeda. 

2. Beli Hijab dengan Warna-Warna Netral

Prioritaskan membeli hijab dengan warna-warna netral atau basic terlebih dahulu. 

Kasimma Plain Pashmina Hijab, Rp60.000.

Berdiri di depan cermin untuk memilih warna hijab yang sesuai dengan outfit memang kerap menjadi hal yang memusingkan. Agar aman, nggak jarang para hijabers memilih untuk membeli banyak warna hijab sekaligus, untuk berjaga-jaga agar semua outfit memiliki pasangan jilbab yang cocok. Hal ini memang sah-sah saja dilakukan, tapi tentu juga bisa membuat budget belanja Sista jadi membengkak. Agar bisa berbelanja dengan lebih efektif, Sista yang berhijab sebaiknya memprioritaskan membeli warna-warna hijab netral terlebih dahulu, sebut saja hitam, putih, abu-abu, cream, maroon, atau navy. Sebab, warna-warna ini akan sangat mudah dipadukan dengan beragam warna outfit. Jika hijab-hijab berwarna basic atau netral sudah dimiliki, barulah Sista bisa mempertimbangkan membeli warna atau motif hijab yang lain. 

3. Less is More

Model pakaian basic bersifat lebih long lasting! 

HALA Sovanna Stripe Tunic Muslim Blouse, Rp129.000.

Percaya atau nggak, untuk mendapatkan penampilan yang stylish dan fashionable, Sista nggak harus selalu mengandalkan model pakaian yang terlalu ribet, lho. Apalagi bagi para hijabers yang sudah menggunakan pakaian serba tertutup, tambahan detail model yang terlalu ramai justru bisa membuat Sista merasa kurang nyaman dan gerah. Karena itu, para hijabers sebaiknya juga nggak takut memperbanyak model-model pakaian basic seperti blouse, tunik, casual pants, atau jeans saat belanja. Because less is more, Sis. Selain lebih nyaman digunakan, model-model pakaian basic semacam ini juga bersifat long lasting alias nggak lekang termakan oleh zaman. Alhasil, Sista pun bisa dengan mudah memadukannya dengan fashion item lain serta bisa pula menggunakannya dalam waktu lama tanpa khawatir dianggap ketinggalan zaman. 

4. Beli Baju Dulu, Baru Beli Hijab 

Biasakan untuk membeli baju terlebih dahulu sebelum membeli hijab.

Zayd Abstract Square Hijab, Rp49.000.

Pernah nggak Sista sudah terlanjur membeli banyak hijab karena tergoda dengan motif atau warnanya, kemudian justru jadi jarang dipakai karena nggak menemukan outfit yang cocok? Alhasil, demi bisa menggunakan hijab tersebut, Sista pun mau nggak mau harus membeli baju baru lagi yang cocok dipadukan. Untuk menghindari kemungkinan pemborosan semacam ini, ada baiknya para hijabers membiasakan diri untuk membeli pakaian terlebih dahulu sebelum membeli hijab. Setelah menemukan baju yang disuka, barulah Sista bisa berburu hijab yang sesuai. Cara ini semakin diperlukan, khususnya saat Sista membeli baju atau hijab yang memiliki warna atau motif variatif. Dengan begitu, Sista sudah tahu pasangan hijab dan outfit mana yang tepat saat hendak digunakan. 

5. Buat List Belanja dan Batasi Anggaran 

Jika wanita sudah dihadapkan dengan aktivitas belanja, kemungkinan ‘kalap’ atau lepas kontrol memang sangat mungkin terjadi. Upaya preventif yang bisa Sista lakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan terlebih dahulu membuat list belanja. Catat fashion item apa saja yang benar-benar Sista butuhkan, sehingga Sista bisa meminimalisir risiko lapar mata. Saat belanja online, pastikan Sista juga langsung menuju kategori barang yang Sista cari. Oh ya, membuat batas anggaran sebelum belanja juga sangat penting dilakukan, lho. Dengan adanya batasan budget, Sista bisa secara otomatis mengontrol diri dan berhenti belanja saat biaya yang dianggarkan sudah habis. 

Hal terakhir yang nggak kalah penting, pastikan juga Sista berbelanja di tempat yang menghadirkan harga terjangkau, namun dengan pilihan barang berkualitas. Di Sorabel misalnya, Sista bisa menemukan ragam koleksi fashion terkini namun dengan harga ramah kantong. Meski terjangkau, koleksi busana yang ada di Sorabel diproduksi dengan proses quality control ketat, sehingga kualitasnya pun sangat terjamin. Nggak perlu khawatir deh baju muslim atau hijab yang Sista beli akan mudah rusak atau nggak bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Asyiknya, aktivitas belanja Sista juga akan semakin hemat, karena Sorabel menghadirkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah Indonesia hanya dengan minimal pembelian Rp200 ribu aja. Apakah Sista yang berhijab masih punya tips lain yang biasa dilakukan untuk menghemat budget belanja? Kalau ada, share dong di kolom komentar untuk berbagi pada Sista lainnya!

24 SUKA ‧ 3 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista