5 Tips Menggunakan Gamis untuk Muslimah Bertubuh Mungil
29 November 2019

Melihat tren busana muslim wanita yang populer, gamis tentu masuk ke dalam salah satu daftar teratasnya. Sayangnya, buat para muslimah yang bertubuh mungil, memakai gamis untuk beraktivitas sehari-hari bisa dibilang sedikit tricky. Meskipun praktis dan nyaman digunakan, model gamis yang berbentuk long-dress sangat rentan membuat tubuh Sista makin terlihat pendek. Tapi bukan berarti Sista yang bertubuh mungil nggak bisa ikut tampil stylish dengan busana muslim modern ini, lho. Kalau nggak percaya, simak dulu deh tips menggunakan gamis yang Sorabel siapkan untuk para muslimah bertubuh mungil ini. Kesan fashionable didapat, Sista pun nggak perlu khawatir akan terlihat ‘tenggelam’ saat menggunakannya! 

1. Hindari Menggunakan Gamis Sebagai Layered-Outfit 

Di kalangan hijabers, tren menambahkan sleeveless vest, long outer, atau shawl pada gamis memang semakin umum ditemui. Yes, penggunaan gamis sebagai bagian dari layered-outfit memang bisa menciptakan kesan stylish dan fashionable tersendiri. Tapi, buat Sista yang bertubuh mungil, Sorabel sarankan untuk menghindari gaya mix and match seperti ini, ya. Karena modelnya yang berupa maxi-dress, menambahkan outer atau layer pakaian lain saat Sista menggunakan gamis justru akan menciptakan kesan terlalu bertumpuk yang bisa membuat tubuh terlihat semakin pendek. Kalau Sista memang ingin menambahkan hiasan sebagai statement penampilan, pilihlah item yang lebih simpel seperti belt atau perhiasan. 

Pilih gamis berwarna solid untuk ciptakan ilusi tubuh jenjang

HALA Rhyen Plain Mermaid Muslim Dress, Rp199.000.

2. Gamis Berwarna Solid Bisa Dijadikan Andalan! 

Pemilihan warna juga akan ikut memengaruhi apakah gamis yang Sista pakai membuat tubuh semakin terlihat pendek atau tidak. Buat Sista yang bertubuh mungil, memilih gamis dengan warna solid adalah keputusan tepat. Istilah solid di sini merujuk pada model gamis yang hanya memiliki satu warna blocking alias nggak didesain dengan gradasi warna yang berbeda. Sebab, potongan warna justru akan membuat kesan tubuh tampak terlihat semakin pendek. Akan lebih baik lagi jika Sista menggunakan gamis dengan warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu karena efektif menciptakan ilusi tubuh semakin terlihat jenjang.

3. Say No to Full-Patterned 

Desain gamis yang memiliki motif penuh dan ramai memang tampak menarik. Namun, full-patterned gamis semacam ini rupanya ‘kurang ramah’ untuk Sista yang bertubuh mungil. Sebab, gamis dengan desain terlalu ramai bisa membuat lekuk tubuh semakin ‘hilang’ karena tertutup oleh motif. Padahal, lekuk tubuh inilah yang bisa membantu menciptakan ilusi lebih jenjang dan tinggi. Sebagai gantinya, pilihlah gamis dengan motif yang tersebar di beberapa bagian saja. Oh ya, memilih gamis dengan motif vertical-stripes juga akan sangat membantu Sista yang bertubuh mungil agar tampak lebih tinggi, lho! 

It’s okay memakai gamis dengan cutting a-line, asal nggak terlalu lebar. 

HALA Simera Texture Kerut Muslim Dress, Rp229.000.

4. Tinggalkan Dulu Gamis dengan Cutting Terlalu Lebar

Kebanyakan gamis memang didesain dengan potongan a-line alias memiliki model rok yang melebar. Meski begitu, Sista yang bertubuh mungil sebaiknya lebih bijak lagi memilih cutting gamis yang akan digunakan. Nggak masalah kok Sis menggunakan gamis a-line, asalkan pastikan untuk memilih item dengan bentuk ‘rok’ atau bagian bawah yang nggak terlalu melebar, ya. Sebab, bentuk bagian bawah yang melebar juga akan membuat tubuh Sista semakin terlihat pendek dan terkesan ‘tenggelam’. Kondisi tersebut akan semakin parah, jika Sista memakai gamis lebar yang bagian bawahnya dipenuhi banyak motif. So, sebaiknya lebih berhati-hati lagi ya dalam memilih cutting gamis! 

5. Jeli Mix and Match Fashion Item Pelengkap 

Gamis yang tepat sudah dipilih, jangan sampai niat Sista membuat tubuh terlihat jenjang justru gagal gara-gara pemilihan fashion item pelengkap yang salah. Yes, untuk menghindari tubuh semakin terlihat pendek, memilih item pelengkap seperti tas dan sepatu juga harus dipertimbangkan dengan matang. Dalam hal memilih tas misalnya, sebaiknya pilih yang dirancang dengan model simpel dan memiliki ukuran nggak terlalu besar. Dengan begitu, ukuran tas dan tubuh Sista yang mungil tetap akan terlihat proporsional. Begitu pun saat memilih sepatu, pastikan untuk memanfaatkan jenis sepatu dengan heels untuk membantu tubuh Sista terlihat semakin tinggi. 

Jadi, nggak perlu ragu lagi memakai gamis hanya karena khawatir tubuh terlihat pendek, Sis. Jika Sista mulai merasa insecure, pastikan saja untuk menerapkan tips-tips yang sudah Sorabel berikan ini. Ngomong-ngomong, Sorabel juga punya koleksi busana HALA yang menawarkan ragam pilihan gamis dengan berbagai warna, potongan, dan model, lho. Yuk, intip koleksi gamis yang ada untuk menemukan item yang tepat dan sesuai dengan tubuh mungil Sista. Ssst, kalau ukuran atau model yang dipilih ternyata masih nggak cocok, Sista juga bisa langsung mengembalikannya pada kurir dan membayar hanya baju yang sesuai aja, lho. Sebab, ada layanan Coba Dulu Baru Bayar (CDBB) yang dijamin akan membuat proses belanja online jadi sama sekali nggak mengkhawatirkan. Yuk, pilih gamis favorit Sista sekarang!

17 SUKA ‧ 8 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista