Apakah Berat Badan Sista Sudah Ideal? Ini Cara Menghitungnya!
10 September 2019

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi idaman semua wanita. Nggak hanya membuat kepercayaan diri meningkat, memiliki berat badan ideal juga berpengaruh baik bagi kesehatan. Untuk mengetahui apakah berat badan Sista sudah ideal, ada cara penghitungan yang bisa dilakukan. Tapi sebelumnya, Sista juga perlu mengenal dulu konsep indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). Cari tahu informasi selengkapnya, yuk!

Mengenal Konsep Body Mass Index (BMI) 

Pernah nggak sih Sista bertanya-tanya apakah berat badan yang dimiliki saat ini tergolong ideal atau tidak? Sista yang memiliki tubuh kurus atau langsing nggak lantas bisa begitu saja dikategorikan sebagai ideal. Bisa jadi, berat badan tersebut justru masih kurang dari angka ideal yang seharusnya Sista miliki. Nah, buat mengetahui ideal atau tidaknya berat badan, salah satunya bisa digunakan sebuah konsep yang disebut sebagai body mass index. 

Body mass index (BMI), atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai indeks massa tubuh (IMT), adalah ukuran yang digunakan untuk mencari tahu proporsionalitas berat tubuh seseorang. Penghitungan BMI dilakukan dengan cara mengkalkulasi perbandingan berat dan tinggi badan yang Sista miliki. Dengan begitu, nantinya Sista bisa tahu apakah BMI Sista tergolong dalam kategori kurus, ideal, gemuk, atau bahkan obesitas. Alhasil, Sista juga jadi tahu apakah berat badan yang dimiliki tergolong sehat atau tidak. 

Cara Menghitung Body Mass Index (BMI) 

Gimana, udah penasaran apakah berat badan Sista tergolong sehat atau belum? Buat menghitung body mass index, caranya cukup mudah kok, Sis. Nggak perlu pakai alat khusus, menghitung BMI bisa dilakukan dengan rumus sederhana. Ini dia rumus yang bisa Sista pakai buat mengetahui indeks massa tubuh: 

 

    BMI = Berat Badan Sista dalam Kilogram : (Tinggi Badan Sista dalam Meter)²


Misalnya nih, berat badan Sista adalah 60 kg dan tinggi badan 1,6 meter. Maka kuadratkan dulu tinggi badan Sista yakni 1,6 x 1,6 = 2,56. Selanjutnya bagi berat badan Sista dengan hasil kuadrat tersebut, yakni 60 : 2,56 = 23,4. Terakhir, cek deh hasil angka tersebut sesuai dengan kategori berat badan di bawah ini: 

  • Di bawah 18,5: Berat badan kurang

  • 18,5 - 24,9: Berat badan normal (ideal)

  • 25 - 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)

  • Di atas 30 = obesitas

Perlu diingat, kalau semakin tinggi angka BMI seseorang, akan semakin tinggi pula risikonya untuk mengalami obesitas. Jika hasil penghitungan Sista menunjukkan angka tinggi melebihi batas normal, sudah waktunya mempertimbangkan untuk mulai mengurangi berat badan dan menerapkan pola hidup sehat. Sebab, berat badan berlebih juga bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi, hingga penyakit jantung. Sebelum hal-hal itu terjadi, yuk segera biasakan memiliki pola hidup sehat! 

Untuk menjaga proporsionalitas berat badan, ada banyak cara mudah yang sebenarnya bisa Sista lakukan, kok. Salah satunya adalah berolahraga, tidak perlu lama asalkan rutin. Selain membuat berat badan lebih terjaga, olahraga secara konsisten juga dapat memaksimalkan kinerja fungsi organ tubuh sehingga membuat Sista merasa selalu bugar. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari pun bisa dijalani dengan penuh semangat. Selain itu, menjaga pola makan dan asupan kalori yang masuk ke tubuh juga penting diperhatikan. Mulai batasi konsumsi makanan tidak sehat dan perbanyak konsumsi sayur atau buah-buahan. Anyway, apakah Sista sudah pernah menghitung BMI yang dimiliki? Yuk, hitung sekarang dan selamat menerapkan pola hidup sehat, Sis!

 
28 SUKA ‧ 94 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista