Baru Gajian Tapi Cepat Habis? Simak Tips Mengelola Keuangan Ini!
28 November 2019

Akhir bulan datang, waktu gajian menjelang! Beberapa di antara Sista mungkin baru saja menerima gaji, sementara sebagian yang lain masih excited menanti gaji yang diberikan di awal bulan. Meski rekening dan dompet masih tebal, bukan berarti Sista bisa lepas kendali dan menghambur-hamburkan pengeluaran. Pasti nggak mau dong nanti malah menyesal karena budget sudah ludes di tengah jalan? Berbicara tentang payday, pernah nggak sih Sista merasa pemasukan begitu cepat habis padahal hari gajian baru saja berlalu? Sayangnya lagi, Sista nggak tahu dan kesulitan mengingat-ingat ke mana saja uang tersebut pergi. Alhasil, niat untuk menabung atau berinvestasi pun lagi-lagi harus gagal karena budget yang direncanakan sudah keburu habis duluan. 

Itulah mengapa memiliki catatan pengeluaran budget sangat penting buat dilakukan. Meski memang menuntut ketelitian dan sedikit waktu, mencatat pengeluaran tiap bulan dijamin nggak akan membuat Sista menyesal, kok. Sebab, dengan memiliki catatan keuangan secara konsisten dan rinci, Sista akan menjadi tahu berapa saja budget yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tetap, berapa yang bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang, serta berapa pula yang bisa Sista sisihkan untuk menabung tiap bulan. Agar nggak lagi dibuat galau karena uang gajian habis tanpa hasil yang berarti, yuk simak tips membuat catatan keuangan bulanan ala Sorabel ini! 

Istilah untuk Mengelompokkan Kebutuhan Keuangan

Sebelum mulai membuat catatan keuangan bulanan, ada beberapa istilah yang perlu terlebih dahulu Sista ketahui, nih. Istilah-istilah ini nantinya akan membantu Sista buat mengklasifikasikan atau mengelompokkan kebutuhan budgeting berdasarkan jenis pengeluarannya. Jadi, pastikan Sista mengingat istilah-istilah ini terlebih dahulu, ya: 

  • Pendapatan Bersih Bulanan: merujuk pada gaji bersih yang Sista terima tiap bulan, setelah dikurangi dengan pajak, asuransi, dsb. Atau istilah lainnya nih, pendapatan bersih biasa juga disebut sebagai take home pay.

  • Pengeluaran Tetap: pengeluaran yang konsisten dan selalu berulang pasti harus disisihkan setiap bulannya. Biasanya, pengeluaran tetap ini Sista keluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok (cicilan rumah, listrik, biaya transportasi, dsb). 

  • Pengeluaran Tidak Tetap: pengeluaran yang jumlah atau nominalnya tidak pasti tiap bulannya (pengeluaran untuk makan, jajan, jalan-jalan, nonton, dsb). 

  • Tabungan dan Hutang: jumlah uang yang Sista sisihkan untuk menabung tiap bulan dan uang yang harus dibayarkan untuk melunasi hutang. 

Yuk, Mulai Membuat dan Mengisi Catatan Keuangan Bulanan Sista!

Setelah mengetahui istilah-istilah untuk mengelompokkan budget, sekarang saatnya Sista mulai membuat tabel keuangan untuk diisi tiap bulannya. Saat ini, sebenarnya sudah ada cukup banyak aplikasi digital yang juga bisa dimanfaatkan untuk mencatat manajemen keuangan. Namun, membuat catatan pribadi yang diisi secara manual terkadang bisa lebih efektif untuk membuat Sista lebih teliti dan konsisten dalam melakukan pengawasan budget. Terlebih lagi, beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman dan ‘safe’ jika memiliki catatan pengeluaran secara tertulis yang bisa disimpan dan nggak rentan hilang dalam jangka waktu lama. 

Buat mempermudah Sista, Sorabel sudah menyiapkan contoh tabel budgeting yang bisa Sista simpan dan isi tiap bulan. Oh ya, Sista juga bisa membagikan atau mengirimkan gambar ini pada orang-orang sekitar, agar bisa bersama-sama membiasakan diri untuk mencatat pola keuangan secara lebih detail. Yuk, mulai isi tabel ini! 

Buat mengisi tabel pengelolaan keuangan di atas, ini langkah-langkah yang perlu Sista lakukan: 

  • Biasakan untuk mengisi tabel ini di tiap akhir bulan sebelum memasuki bulan baru.

  • Hitung jumlah total penghasilan bersih yang Sista terima di awal bulan yang telah berlalu tersebut, lalu tuliskan angkanya di kolom penghasilan bersih per bulan. 

  • Buka kembali buku tabungan Sista atau mutasi rekening selama sebulan kemarin, lalu cek pengeluaran tetap apa saja yang Sista keluarkan (cicilan rumah, listrik, air, dsb). Tuliskan angkanya di kolom sesuai masing-masing jenis kebutuhan.

  • Selanjutnya, cek lagi mutasi rekening Sista lalu kelompokkan pengeluaran tidak tetap Sista selama sebulan kemarin. Tuliskan juga angkanya di kolom yang sesuai masing-masing jenis kebutuhan (makan dan jajan, hiburan, belanja, dsb). Sista boleh lho menambahkan atau mengubah rincian pengeluaran sesuai kebutuhan. 

  • Jangan lupa, cek lagi mutasi rekening Sista untuk mengecek berapa saja uang yang Sista sisihkan untuk menabung dan berapa pula uang yang dikeluarkan untuk membayar hutang. Jika Sista memiliki uang dari hasil pemasukan lain seperti kerja sampingan atau jualan online, tuliskan juga di kolom yang sesuai. 

  • Terakhir, catat juga berapa sisa uang yang masih Sista miliki hingga akhir bulan tersebut di kolom paling bawah.

Voila, Sista pun sudah memiliki rincian detail mengenai ke mana saja uang atau gaji yang Sista terima di awal bulan dihabiskan. Biasakan untuk membuat dan mengisi rekap keuangan ini secara konsisten setidaknya selama enam bulan di tiap akhir bulan ya, Sis. Nggak cuma membantu Sista menganalisa alur penggunaan uang, mengisi catatan keuangan ini secara rutin juga bisa digunakan sebagai acuan untuk membuat perencanaan keuangan. Yes, dengan rutin mengisi tabel ini, nantinya Sista bisa mengetahui pola pengeluaran Sista tiap bulan, sehingga bisa pula mulai membuat perencanaan keuangan yang lebih matang berdasarkan kebiasaan tersebut. Sebagai contoh, Sista sudah tahu nih berapa pengeluaran tetap yang harus Sista keluarkan dan berapa rata-rata sisa uang yang Sista miliki di tiap akhir bulan. Dari situ, Sista bisa mulai mengatur ulang berapa dana yang bisa ditambahkan pada tabungan, atau berapa dana hiburan yang sekiranya bisa dikurangi untuk mulai berinvestasi. Jadi, nggak perlu takut lagi deh menyesal karena gaji selalu habis tanpa ada hasil yang didapatkan. Yuk, mulai atur dan kelola keuangan Sista secara rapi dan matang sejak sekarang!

Jangan lupa bagikan juga gambar tabel catatan keuangan di atas pada teman, saudara, atau keluarga Sista ya. Agar semakin banyak juga orang-orang sekitar yang bisa mengontrol keuangannya! :)

44 SUKA ‧ 18 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista