Kamus Fashion Jilid 5: Mengenal Macam-Macam Style Fashion
05 November 2019

Setiap orang memiliki preferensi dan ekspresi gayanya masing-masing dalam berpakaian. Variasi cara orang dalam mengekspresikan selera busana inilah yang kemudian memunculkan beragam tipe fashion style yang berbeda pula. Kalau selama ini Sista mungkin sudah familiar dengan gaya fashion seperti kasual, formal, atau feminin, ternyata masih ada banyak lagi lho tipe fashion style di luar sana yang juga wajib Sista ketahui. Dari jenis-jenis fashion style di bawah ini, ada nggak nih yang cocok dengan preferensi fashion Sista sehari-hari? Setelah membaca artikelnya, jangan lupa sharing di kolom komentar ya gaya mana yang paling menggambarkan dan sesuai dengan gaya busana Sista selama ini! 

1. Edgy

Image Source

Edgy mungkin menjadi salah satu istilah yang beberapa tahun belakangan semakin akrab Sista temukan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah edgy sering dikaitkan dengan budaya, selera, hingga pemikiran yang dianggap nggak biasa atau anti-mainstream. Hal ini nggak sepenuhnya salah, karena secara teoretis edgy memang bisa didefinisikan sebagai sebuah ketertarikan untuk melampaui norma-norma sosial hingga ke ujung batasnya (edge). Dalam dunia fashion sendiri, konsep edgy lebih merujuk pada gaya busana yang out of the box. Salah satu karakteristik utama gaya berpakaian edgy terletak pada bagaimana seseorang harus bisa tampil super stylish dan eye catching, namun dengan memanfaatkan fashion item yang cenderung neat, simpel, dan nggak ribet. Karena itu, kemampuan mix and match Sista akan sangat berperan untuk mendapatkan tampilan edgy. Basic fashion item seperti mini skirt, celana jeans, outer, hingga t-shirt menjadi beberapa tipe pakaian khas dari fashion style ini. 

2. Retro

Image Source

Retro bisa didefinisikan sebagai sebuah konsep yang secara sadar diciptakan ‘menyimpang’ dari tren kekinian yang sedang berkembang, dan justru lebih melekat pada tren di masa lampau. Konsep retro sendiri bisa dikaitkan pada banyak bidang kehidupan, mulai dari seni, musik, lifestyle, hingga tentu saja fashion style. Kalau Sista suka tampil dengan style retro, maka gaya busana yang terkesan jadul atau nostalgic tentu sudah akrab digunakan sehari-hari. Eits, tapi banyak orang selama ini masih sering menyamakan style retro dengan vintage. Padahal, keduanya merupakan konsep yang berbeda. Meski sama-sama diadaptasi dari tren masa lampau, gaya vintage lebih identik dengan kesan feminin dan umumnya didominasi oleh warna atau motif busana yang cenderung calm. Sebaliknya, gaya retro justru lebih berani menonjolkan permainan warna, pattern, dan cutting pakaian. Tight dress, cutbray pants, dan neon outfit menjadi beberapa contoh fashion item esensial dari gaya ini. 

3. Vibrant 

Image Source

Apakah ada di antara Sista yang menyukai gaya berpakaian bold dan super eye catching dengan beragam warna, pattern, bordir, hingga cutting unik? Jika iya, maka Sista bisa dikategorikan menyukai gaya berpakaian vibrant. Sesuai namanya yang dalam bahasa Inggris berarti penuh energi atau ‘bersemangat’, gaya busana vibrant memang identik dengan fashion item yang memiliki warna-warna atau pattern cerah dan sangat menarik perhatian mata. Istilahnya nih, wanita yang suka tampil dengan gaya vibrant memang nggak takut untuk menjadi pusat perhatian dan berani tampil menonjol. Karakteristik busana yang masuk dalam kategori vibrant biasanya memiliki motif yang semarak, dilengkapi tambahan banyak hiasan, memiliki banyak perpaduan warna dalam satu item, atau memiliki cutting yang nggak biasa seperti asymmetric.  

4. Bohemian 

Image Source

Istilah fashion style satu ini mungkin juga menjadi salah satu yang sudah paling sering Sista dengar. Tapi, apakah Sista sudah memahami apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan bohemian style? Terinspirasi dan lekat dengan gaya busana kaum gipsi atau hippies, fashion style yang biasa disebut juga dengan istilah boho ini merujuk pada gaya berpakaian yang menonjolkan kesan eksotik, baik itu dari segi pattern, tekstur, hingga material yang digunakan. Jadi jangan heran, jika mereka yang suka tampil dengan gaya bohemian biasanya akan menyukai pakaian dengan bold-printed pattern, cutting pakaian yang terkesan flowy, hingga bahan-bahan dari alam seperti leather dan bulu. Motif geometrik, tambahan detail fringe, hingga konsep berpakaian layering juga menjadi beberapa hal yang identik dengan bohemian style. 

5. Androgynous

Image Source

Dalam dunia fashion, istilah androgynous atau yang dalam bahasa Indonesia disebut sebagai androgini merupakan hal yang sudah nggak asing lagi digunakan. Secara umum, androgynous sendiri merujuk pada konsep peleburan batas gender antara laki-laki dan perempuan. Atau dengan kata lain, konsep androgynous berusaha memecahkan stereotype mengenai bagaimana laki-laki atau wanita harus berpakaian. Jika seseorang memilih tampil dengan gaya androgini, maka ia nggak akan takut menggunakan busana atau fashion item yang di tengah masyarakat justru lebih sering diidentikkan dengan lawan gendernya. Sebagai contoh, Sista bisa bereksperimen memakai men blazer atau jenis men suit lain yang identik dengan fashion item pria, namun tanpa mengubah identitas Sista sebagai wanita. 

6. Grunge 

Image Source

Pertama kali berkembang di tahun 1980-an, sejarah gaya busana grunge memang nggak bisa dipisahkan dari perkembangan aliran musik grunge itu sendiri. Awalnya banyak digunakan orang untuk menonton salah satu aliran jenis musik rock ini, gaya busana grunge identik dengan kesan nyaman, apa adanya, nggak mahal, dan sedikit messy. Jika gaya busana rock cenderung lekat dengan nuansa hitam, fashion style grunge justru lebih membebaskan pemakainya untuk bereksplorasi dengan berbagai warna dan pattern, asalkan masih terkesan simpel dan nggak berlebihan. Leather jacket, kemeja flanel, ripped jeans, printed t-shirt, hingga loose sweater adalah beberapa fashion item esensial yang harus Sista miliki jika ingin tampil dengan gaya grunge. 

7. Harajuku 

Image Source

Lahir dan berkembang sebagai salah satu fashion style dari Negeri Sakura Jepang, harajuku menjadi salah satu gaya berbusana yang namanya juga sudah mendunia. Fashion style ini sudah ada sejak tahun 1980-an, dan diadaptasi dari nama sebuah stasiun di Tokyo yakni Harajuku Station. Konsep utama gaya harajuku adalah perpaduan dari berbagai tren fashion di Jepang, serta nggak jarang berani mengombinasikan antara traditional dan western look. Para pemuda di Jepang yang menjadikan harajuku style sebagai fashion statement mereka, biasanya berprinsip nggak takut menjadi berbeda dan berani tampil semau apa yang mereka suka. Maka nggak heran, kalau gaya harajuku kemudian lekat dengan berbagai fashion item yang unik, colorful, dan anti-mainstream. Padu padan yang sekilas tampak crash pun nggak jarang diterapkan oleh seseorang yang tampil dengan gaya ini. 

Jadi di antara gaya-gaya di atas, mana nih yang paling menggambarkan fashion style Sista sehari-hari? Apa pun fashion style yang Sista miliki, jangan takut untuk mengekspresikan apa yang memang Sista suka. Gayamu adalah kebebasanmu, maka jangan ragu menggunakan fashion item yang Sista inginkan hanya karena takut dipandang berbeda oleh orang lain. Untuk melengkapi koleksi yang Sista miliki, Sorabel nggak ketinggalan ikut menghadirkan beragam pilihan fashion item yang bisa disesuaikan dengan berbagai preferensi gaya busana. Asyiknya lagi, Sista nggak perlu khawatir mendapatkan baju yang nggak sesuai ukuran, karena kami juga menghadirkan layanan Coba Dulu Baru Bayar (CDBB). Kalau barang yang Sista beli ternyata nggak sesuai ukuran atau ekspektasi, tinggal kembalikan saja pada kurir tanpa tambahan biaya sepeser pun. Yuk, berekspresi dengan fashion style yang paling Sista sukai!

9 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista