Kamus Fashion Jilid 6: Jangan Salah Sebut, Yuk Kenali Jenis-Jenis Topi
12 November 2019

Sebagai fashion item yang multifungsi, topi menjadi salah satu aksesori pelengkap penampilan yang paling digemari. Ya, nggak hanya berfungsi melindungi kepala dari panas matahari, topi memang juga bisa membantu pemakainya tampak lebih stylish dan fashionable. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan tren di industri fashion, model topi yang dihadirkan juga semakin beragam. Agar nggak salah sebut, yuk kenali nama beserta perbedaan masing-masing jenis topi berikut ini! 

1. Fedora 

Image Source

Pada mulanya, fedora adalah jenis topi yang umum digunakan oleh para pria. Tapi, dengan adanya pergeseran tren fashion, kini fedora juga menjadi salah satu fashion item yang sudah akrab digunakan oleh para wanita. Itu sebabnya, jika dulu topi fedora identik dirancang dengan warna-warna netral dan model plain tanpa banyak dekorasi, kini banyak topi fedora yang didesain dengan ragam ornamen, warna, dan desain feminin. Karakteristik khas yang dimiliki topi fedora adalah pinggiran atau brim-nya yang didesain kecil alias nggak terlalu lebar. Selain itu, Sista juga bisa mengenali jenis topi ini dari desain ujung brim-nya yang dibuat sedikit melekuk ke atas hingga berbentuk menyerupai crown. 

2. Baseball Cap 

Image Source

Ini dia, salah satu jenis topi yang paling populer dan tentu sudah nggak asing lagi bagi Sista. Umum digunakan baik itu oleh pria maupun wanita, baseball cap identik dengan desain kasual dan sporty sehingga mudah digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Penyebutan nama baseball cap sendiri muncul karena jenis topi ini awalnya memang digunakan sebagai bagian dari sportswear, dan menjadi kelengkapan seragam tim baseball. Tapi, di era sekarang, baseball cap justru sudah menjadi salah satu bagian dari tren fashion yang umum digunakan sebagai basic outfit. Selain desainnya yang simpel, fungsi baseball cap yang mampu melindungi mata dari sinar matahari karena desain shield-nya yang dibuat memanjang ke depan, juga menjadi salah satu alasan mengapa jenis topi ini banyak digemari. 

3. Boater 

Image Source

Pernah sangat populer di era tahun 1980-an, boater hat merupakan salah satu jenis topi yang memiliki desain paling khas. Ya, dibandingkan beberapa jenis topi lain yang memiliki model serupa, boater hat memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya cukup mudah dibedakan. Salah satu karakteristik topi ini adalah materialnya yang biasanya dibuat dari bahan anyaman, sehingga menciptakan kesan chic dan unik. Selain itu, Sista bisa menyebut sebuah topi sebagai boater, jika item tersebut didesain dengan bentuk brim dan mahkota yang datar. Saat ini, boater hat juga banyak dihadirkan dengan hiasan pita di sekitar bagian crown-nya, untuk membuatnya tampak lebih menarik. 

4. Baret 

Image Source

Sudah awam dikenal sebagai salah satu fashion item kekinian, tahu nggak sih kalau ternyata topi baret justru awalnya diadaptasi dari model topi militer, khususnya di negara Prancis dan Spanyol? Ciri khas topi baret yang paling menonjol adalah modelnya yang didesain tanpa brim atau pinggiran, sehingga penggunaannya bersifat langsung ‘menempel’ di kepala. Asyiknya, Sista bisa bebas bereksplorasi menggunakan topi ini sesuai gaya yang paling Sista suka. Untuk mendapatkan kesan lebih formal misalnya, Sista bisa memosisikan topi baret tepat di tengah kepala. Sementara untuk yang ingin tampil ala European style, bisa juga mencoba penggunaan topi baret dengan cara sedikit dimiringkan ke bagian sisi kepala. Ssst, artis kenamaan asal Korea, IU, juga menjadikan topi beret sebagai salah satu essential item favoritnya, lho! 

5. Bucket Hat 

Image Source

Sesuai namanya, ciri khas bucket hat adalah bentuknya yang didesain menyerupai bucket atau ‘ember’. Meski saat ini juga sudah dikenal sebagai salah satu bagian tren fashion kekinian, bucket hat pada mulanya justru lekat digunakan sebagai topi untuk para pemancing. Pergeseran bucket hat menjadi bagian dari fashion muncul di sekitar tahun 1960-an, dan menjadi semakin populer di sekitar tahun 1980-an. Hal ini karena pada saat itu banyak rapper dan penggemar street style menggunakan bucket hat sebagai bagian dari essential outfit mereka. Material yang biasanya digunakan untuk membuat bucket hat di antaranya wol, canvas, hingga denim. Bucket hat cocok banget Sista gunakan untuk aktivitas kasual seperti jalan-jalan atau nonton konser!

6. Beanie 

Image Source

Selain fedora, masih ada lagi nih satu jenis topi yang awalnya populer digunakan para pria, namun kini justru menjadi salah satu tren di kalangan para wanita. Jenis topi tersebut nggak lain dan nggak bukan adalah beanie hat. Berbeda dengan jenis topi lain yang umumnya dihadirkan dalam bentuk ‘kaku’ atau sturdy, beanie justru didesain dengan material lentur sehingga juga mudah dilipat dan praktis dibawa bepergian. Karena desainnya yang fit in di kepala itu jugalah, beanie tepat banget dijadikan andalan atau solusi jika Sista sedang menghadapi masalah bad hair day. Salah satu jenis topi beanie yang populer digunakan biasanya terbuat dari bahan rajut.

7. Floppy Hat 

Image Source

Saat pergi ke pantai, pernah nggak Sista memakai topi dengan pinggiran atau brim yang lebar dan lentur? Jika iya, maka topi yang Sista pakai biasa disebut dengan istilah floppy hat! Sesuai istilah floppy yang dalam bahasa Inggris berarti ‘terkulai’, ciri khas utama floppy hat memang bisa dikenali dari desain brim-nya yang dibuat nggak sturdy, sehingga bisa melindungi mata dari sinar matahari. Hingga saat ini, floppy hat masih menjadi salah satu fashion item yang identik dengan kultur hippies atau bohemian, dan akan sangat menarik jika dipadukan dengan penggunaan dress. Di tengah masyarakat, floppy hat biasanya juga identik digunakan sebagai bagian dari summer outfit.

 Hayo, ada nggak di antara Sista yang selama ini ternyata masih sering salah menyebut nama-nama topi di atas? Mulai sekarang, pastikan untuk nggak tertukar lagi dalam mengenali karakteristik dari masing-masing jenis topi ya, Sis. Kalau Sista sendiri, istilah nama topi mana nih yang baru pertama kali didengar setelah membaca artikel ini? Share ceritanya di kolom komentar, yuk!

8 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista