Kamus Fashion Jilid 9: Tipe-Tipe Jeans untuk Wanita, Mana yang Paling Sista Suka?
03 Desember 2019

Kalau diibaratkan jenis pakaian memiliki ‘comfort zone-nya’ sendiri, maka celana jeans mungkin akan menjadi bagian dari zona nyaman tersebut. Dari masa ke masa, jenis celana yang terbuat dari material denim ini memang menjadi salah satu yang paling populer dan umum digunakan. Selain nyaman, celana jeans juga gampang banget dipadu padankan dengan berbagai fashion item lain. Pokoknya, kalau Sista sedang galau memilih outfit, celana jeans selalu bisa dijadikan ‘penyelamat’ deh! Rupanya nih Sis, celana jeans untuk wanita memiliki banyak tipe yang berbeda, lho. Sudah tahu belum celana jeans favorit Sista masuk dalam kategori tipe yang mana? Kalau belum, yuk kenali dulu tipe-tipe celana jeans wanita ini untuk menambah insight dan pengetahuan Sista! 

1. Skinny Jeans

Image Source

Dalam bahasa Inggris, skinny berarti kurus atau ramping. Dilihat dari arti kata tersebut, maka skinny jeans bisa juga didefinisikan sebagai tipe celana jeans yang berbentuk ‘ramping’ dan menempel mengikuti bentuk kaki Sista. Nggak heran, kalau tipe celana jeans ini cocok banget digunakan para wanita yang ingin menunjukkan lekuk atau bentuk kakinya. Karena dirancang mengikuti lekuk kaki, skinny jeans biasanya juga dihadirkan dengan bahan denim yang bersifat stretch atau bisa melar. Saran dari Sorabel nih, Sista yang memiliki bentuk tubuh hourglass akan sangat cocok memakai tipe jeans ini. Selain itu, Sista yang bertubuh mungil juga bisa mengandalkan skinny jeans untuk menciptakan ilusi kaki tampak lebih jenjang dan panjang. 

2. Straight Leg Jeans

Image Source

Beberapa wanita mungkin merasa kurang percaya diri menggunakan celana jeans dengan bentuk ramping. Jika Sista termasuk salah satunya, coba pertimbangkan untuk memakai tips straight leg jeans saat beraktivitas. Sesuai namanya, straight leg jeans adalah tipe celana jeans yang dibuat dengan potongan lurus sehingga nggak tampak terlalu ketat saat dipakai. Meski begitu, tipe jeans ini juga tetap terlihat fit in di kaki alias nggak memiliki potongan yang terlalu lebar. FYI, tipe jeans ini juga cocok banget dipakai Sista yang menyukai gaya retro, lho. Sebab, ada kesan vintage dan oldish tersendiri yang diciptakan dari bentuk straight leg jeans yang memang populer digunakan di era tahun 1990-an ini. 

3. Wide Leg Jeans

Image Source

Buat Sista yang kurang percaya diri dengan bentuk kaki yang terlalu kurus, bisa menjadikan tipe wide leg jeans sebagai andalan. Ya, didesain dengan potongan melebar mulai dari bagian pinggang hingga ke bawah, wide leg jeans bisa mengakali bentuk kaki Sista yang kurus dan membuatnya tampak lebih bervolume. Dengan kembali booming-nya gaya tahun 90-an, tipe wide leg jeans juga kembali banyak digunakan. Ssst, tipe jeans ini juga akan cocok banget jika Sista padukan dengan cropped shirt, karena bagian celana yang lebar bisa mengimbangi atasan yang berpotongan pendek dan membuat tubuh Sista tampak semakin proporsional.  

4. Flare Jeans

Image Source

Pernah melihat celana jeans dengan bentuk ramping di bagian atas kemudian melebar di bagian bawah? Rupanya, tipe celana jeans tersebutlah yang biasa disebut dengan istilah flare jeans. Di tengah masyarakat, flare jeans biasa disebut juga dengan istilah cutbray jeans atau bell bottom jeans. Berbeda dari wide leg jeans yang berpotongan lebar mulai dari pinggang, bentuk melebar flare jeans baru bisa ditemukan mulai dari bagian lutut ke bawah. Model celana ini pernah sangat populer di era tahun 1960-an dan 1970-an. Artis-artis dunia seperti The Beatles juga turut mempopulerkan jenis celana ini. 

5. Tapered/Carrot Jeans

Image Source

Sekilas, bentuk carrot atau tapered jeans mungkin terlihat mirip dan nyaris menyerupai skinny jeans. Padahal, jika diperhatikan dengan lebih seksama, dua tipe celana jeans ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup kasat mata. Jika skinny jeans memiliki potongan ramping yang fit in di kaki sejak bagian atas hingga bawah, maka carrot jeans memiliki bagian atas yang lebih lebar atau loose. Mulai bagian lutut ke bawah, barulah potongan carrot jeans dirancang semakin mengecil hingga menyerupai skinny jeans. Nggak jarang, beberapa tapered jeans juga didesain dengan menambahkan aksen kerutan di bagian bawah, untuk semakin menonjolkan bentuk rampingnya. 

6. Boyfriend Jeans

Image Source

Ini nih, salah satu tipe celana jeans wanita yang juga semakin populer digunakan sejak beberapa tahun belakangan. Maksud yang tersirat di balik nama boyfriend jeans bisa dibilang cukup unik. Ya, karena bentuk cutting-nya yang didesain menyerupai bentuk celana jeans pria, wanita yang menggunakan tipe celana jeans ini seolah ‘meminjamnya’ dari sang pacar atau pasangan. Karakteristik utama boyfriend jeans adalah bentuknya yang ramping di bagian pinggang dan paha, lalu sedikit melebar di area bagian bawah kaki. Saat ini, boyfriend jeans banyak juga dihadirkan dengan model high-waist alias tinggi di bagian pinggang. Sista yang memiliki bentuk tubuh curvy atau berisi cocok banget menggunakan tipe celana jeans ini. 

Tipe celana jeans wanita mana nih yang paling disuka dan sering Sista pakai untuk beraktivitas sehari-hari? Salah satu kekhawatiran yang sering dirasakan saat hendak membeli celana jeans adalah ukurannya yang nggak sesuai. Tapi tenang aja, dengan belanja di Sorabel, Sista nggak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut. Dengan layanan Coba Dulu Baru Bayar (CDBB), Sista bisa mencoba dulu celana jeans yang dibeli lalu mengembalikannya pada kurir jika ada yang tidak cocok. Tentu saja, layanan ini bersifat free alias tanpa tambahan biaya! Share dong di kolom komentar, tipe celana jeans wanita mana yang paling Sista favoritkan?

8 SUKA ‧ 2 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista