Masalah Komedo Tak Kunjung Hilang? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya
08 Desember 2019

Selain jerawat, komedo mungkin menjadi permasalahan kulit lain yang paling sering membuat wanita kesal. Gimana tidak, kemunculan komedo memang bisa membuat penampilan wajah Sista menjadi nggak maksimal. Tapi, Sista penasaran nggak sih apa sebenarnya komedo itu? Rupanya nih Sis, komedo dapat terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati dan sebum. Kalau diperhatikan, ada dua jenis komedo yang biasa muncul, yakni yang berwarna hitam dan putih. Komedo putih (whiteheads) berada di dalam kulit dan akan muncul saat Sista menekan pori-pori. Sementara itu, komedo hitam (blackheads) berada di permukaan kulit dan mengalami oksidasi langsung dengan udara sehingga menyebabkan warnanya jadi kehitaman. 

Kalau masalah komedo di wajah selalu muncul meski Sista sudah berusaha membersihkannya, bisa jadi kebiasaan sehari-hari yang Sista lakukanlah yang menjadi penyebabnya. Biar nggak terus-menerus dibuat bad mood karena masalah komedo, ketahui yuk kebiasaan-kebiasaan apa saja yang tanpa sadar bisa memicu munculnya bintik-bintik kecil di wajah ini!

1. Malas Membersihkan Makeup 

Karena sudah sangat lelah, beberapa orang kerap langsung terburu-buru beristirahat setibanya di rumah tanpa membersihkan makeup terlebih dahulu atau membersihkannya secara ala kadarnya. Kalau Sista sering melakukan kebiasaan ini, jangan kaget jika masalah komedo juga bisa terus-menerus muncul. Sisa makeup yang dibiarkan menempel di wajah lama-kelamaan bisa menjadi residu yang ‘mengotori’ kulit wajah Sista. Jika residu tersebut sudah terakumulasi dan bercampur dengan kotoran yang menempel saat Sista beraktivitas, pori-pori pun akhirnya akan tersumbat dan menyebabkan munculnya komedo. Karena itu, setelah menggunakan makeup, pastikan Sista selalu menghapusnya dengan benar, ya. Agar sisa makeup bisa terangkat sempurna, Sista juga bisa menerapkan metode double cleansing. 

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Berminyak 

Apa hubungannya makanan yang Sista konsumsi dengan kondisi kulit wajah? Jawabannya, adalah sangat berhubungan, Sis! Nggak hanya dipengaruhi faktor eksternal, kondisi kulit seseorang memang juga bergantung pada faktor-faktor yang muncul dari dalam tubuh. Saat Sista sering mengonsumsi makanan beminyak, produksi sebum oleh Sebaceous gland alias kelenjar keringat juga akan ikut meningkat. Nggak hanya membuat wajah Sista jadi rentan terlihat greasy, sisa minyak berlebihan di wajah tersebut juga bisa menyumbat pori-pori yang merupakan salah satu asal muasal munculnya komedo. 

3. Sering Menyentuh Wajah

Jika dibuat peringkat bagian tubuh yang paling kotor dan mengandung paling banyak bakteri, telapak tangan Sista akan masuk menjadi salah satu daftar teratasnya. Dilansir dari data WHO, ada setidaknya 39.000 bakteri yang ada di permukaan telapak tangan manusia. Jika tangan yang kotor tersebut terlalu sering disentuhkan pada wajah, tentu saja bakteri-bakteri yang ada juga bisa berpindah dan turut ‘menginvansi’ kulit wajah. And the truth is, selain sebum dan sel kulit mati, bakteri juga menjadi salah satu faktor utama yang bisa mengakibatkan penyumbatan pori-pori. Apabila jumlahnya di kulit wajah semakin banyak, bakteri-bakteri memang bisa menumpuk, menyumbat pori-pori, dan lagi-lagi menjadi pemicu munculnya masalah komedo. 

4. Mencuci Wajah Terlalu Sering 

Maksud hati ingin membuat wajah terlihat bersih, Sista pun terus-menerus mencuci muka saat kulit sudah terasa nggak nyaman. Padahal, tanpa disadari, hal ini justru sebenarnya kurang baik untuk kondisi kulit dan juga bisa menyebabkan munculnya komedo, lho. Sebab, saat Sista terlalu sering cuci muka, kulit akan menjadi terlampau kering. Sekilas sih kulit wajah yang kering mungkin dianggap akan mengurangi risiko komedo. Tapi, saat kulit wajah Sista berada dalam kondisi kurang terhidrasi, secara alamiah kelenjar keringat akan melakukan mekanisme ‘pertahanan’ dengan memproduksi lebih banyak minyak. Hasilnya, sebum yang ada di kulit wajah Sista justru akan ikut meningkat dan meningkatkan kemungkinan munculnya komedo. So, Sorabel sarankan Sista mencuci muka setidaknya dua kali saja dalam sehari, yakni di pagi dan malam hari. 

5. Kesalahan Memahami Produk Kecantikan

Pemilihan produk kecantikan juga rupanya sangat berpengaruh pada masalah komedo yang Sista hadapi. Dalam hal ini, penting banget untuk selalu memastikan produk-produk yang Sista pakai memang sesuai dengan jenis kulit wajah Sista. Seringkali, wanita lalai memperhatikan kesesuaian produk dengan kondisi kulit, sehingga justru menyebabkan munculnya berbagai masalah termasuk komedo. Buat Sista yang memiliki tipe kulit wajah berminyak misalnya, sebaiknya hindari oil-based makeup products karena akan semakin meningkatkan risiko produksi sebum berlebih di wajah. Selain itu, menggunakan produk kecantikan yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah komedo juga bisa banget dipertimbangkan Sista yang masih bergelut dengan masalah kulit satu ini. 

COSRX BHA Blackhead Power Liquid, Rp270.000.

Salah satu produk yang Sorabel rekomendasikan dan bisa Sista coba untuk melawan komedo adalah COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Dirancang dengan kandungan Betaine salicylate, essence ini bisa diandalkan untuk membersihkan sebum dan kotoran berlebih pada pori-pori, sehingga juga akan meminimalisir risiko munculnya komedo. Sista bisa mendapatkan produk ini dan berbagai produk kecantikan lain secara lengkap di Sorabel. Nggak hanya bisa mendapatkan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dengan pembelanjaan minimal Rp200 ribu aja, semua produk kecantikan yang ada di Sorabel juga dijamin 100% original sehingga Sista nggak perlu khawatir tertipu oleh produk tiruan. Jika ingin masalah komedo teratasi, yuk mulai dulu dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan di atas dan menggunakan produk perawatan yang tepat!

55 SUKA ‧ 21 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista