Menerapkan Gaya Hidup Sehat Itu Mudah, Mulai Saja Dulu dengan 5 Cara Ini!
02 Januari 2020

Siapa sih yang nggak ingin memastikan kesehatan dan kondisi tubuh selalu terjaga? Sayangnya, karena kesibukan dan berbagai alasan lain, menerapkan gaya hidup sehat terkadang bisa menjadi hal yang sangat sulit buat dilakukan. Nah, mumpung masih berada di momen awal tahun, yuk bersama-sama mulai membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat, Sis. Nggak perlu takut repot apalagi kewalahan, healthy lifestyle sebenarnya bisa kok dimulai dari hal-hal sederhana yang mudah banget dipraktikkan sehari-hari. For a better year, mulai saja dulu pola hidup sehat Sista dengan melakukan hal-hal simpel namun super penting ini! 

1. Belajar Mengelola Stres

Psikosomatis, begitulah istilah medis untuk menyebutkan kondisi penyakit fisik yang sebenarnya justru bermula dari pikiran. Yes, percaya atau enggak, 90% penyakit yang diderita manusia ternyata umumnya justru bersumber dari pikiran lho, Sis. Menurut Alan Fogel, PH. D, seorang peneliti asal University of Utah, hal ini terjadi karena kondisi fisik dan emosional manusia memiliki kaitan yang sangat erat sehingga bisa saling memengaruhi satu sama lain. Itu sebabnya, sebelum melangkah pada pola-pola hidup sehat yang lebih jauh, memastikan kondisi mental dan emosional Sista selalu terjaga adalah hal utama yang harus terlebih dahulu dilakukan untuk mulai menciptakan gaya hidup sehat. Di tahun baru ini, yuk biasakan untuk lebih cerdas mengelola stres dan emosi yang Sista rasakan. Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk refreshing, mencari kegiatan menyenangkan di sela kesibukan, hingga melakukan hal-hal yang bisa memberikan efek rileks adalah beberapa cara yang bisa Sista coba untuk memulainya. 

2. Lebih Bijak Memilih dan Memilah Makanan 

Selain pikiran dan tekanan mental, makanan yang dikonsumsi menjadi faktor terbesar berikutnya yang paling sering mengganggu kesehatan. Nggak heran, kalau imbauan untuk menjaga pola makan selalu nggak luput disebutkan dalam setiap ajakan hidup sehat. But keep calm Sis, membiasakan konsumsi makanan sehat nggak harus langsung dilakukan dengan cara ‘ekstrem’ seperti menjadi vegetarian, kok. Mulai saja dulu dengan lebih bijak memilih dan memilah makanan yang akan dikonsumsi. Kalau selama ini Sista masih menuruti nafsu makanan apa pun yang ingin dimakan, mulai sekarang sekarang coba deh biasakan untuk mulai sedikit memberikan kontrol diri. Ingat Sis, kalau kenikmatan yang dirasakan di lidah hanya bersifat sementara. Nggak ada salahnya mengonsumsi daging-dagingan, fast food, gula, atau makanan berminyak. Asalkan, Sista tetap membatasi jumlah konsumsinya, misalnya hanya satu kali dalam seminggu. Jangan lupa, imbangi juga dengan mengonsumsi air putih dan serat yang bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. 

3. Batasi Penggunaan Gadget dan Alat Elektronik 

Penyebab masalah kesehatan yang ada di sekitar kita selalu berinovasi seiring dengan perubahan gaya hidup yang dijalani manusia itu sendiri. Kalau dulu penyakit biasa muncul hanya karena makanan atau pikiran, maka kini paparan teknologi digital juga menjadi momok lain yang nggak boleh disepelekan. Nggak tanggung-tanggung, mulai dari masalah ‘kecil’ seperti gangguan penglihatan, hingga ancaman kesehatan serius seperti gangguan otak bisa menghantui akibat kebiasaan penggunaan gadget dan alat elektronik. Jika Sista ingin mulai menerapkan gaya hidup sehat di tahun ini, membatasi penggunaan gadget juga sangat penting buat dilakukan. Jika selama di kantor Sista sudah berkutat dengan komputer atau laptop misalnya, maka sebisa mungkin kurangi penggunaan handphone atau alat elektronik lain setibanya di rumah. Sebagai alternatif, masih banyak kok aktivitas seru lain yang bisa dilakukan sebagai pelepas stres sepulang kerja, seperti membaca buku, bermain board game, atau sekadar menciptakan obrolan berkualitas bersama keluarga dan orang-orang terdekat. 

4. Mulai Workout Rutin dari Olahraga yang Disuka 

Koleksi pakaian SoActiv dari Sorabel siap menemani waktu olahraga Sista.

SoActiv Charlena Stripe Hoodie Jacket, Rp219.000.  

Berbicara tentang gaya hidup sehat, kita tentu nggak boleh melupakan betapa pentingnya aktivitas fisik bernama olahraga. Namun, Sorabel paham banget Sis, kalau di tengah kesibukan sehari-hari, melakukan olahraga bisa menjadi PR besar yang sulit dilakukan. Niat dan keinginan sih ada, tapi waktu dan kemauan untuk menyempatkannya yang terkadang sulit didapatkan. Buat mengakalinya, Sista bisa coba melakukan olahraga yang paling disuka dan sekaligus bisa menjadi sarana bersenang-senang buat Sista terlebih dahulu. Kalau Sista merupakan penggemar badminton misalnya, maka mulai saja dengan melakukan olahraga tepok bulu ini. Begitu pun dengan Sista yang nggak terlalu suka berkeringat, bisa melakukan olahraga air seperti berenang. Nggak harus lama dan setiap hari, Sista cukup melakukannya setidaknya setiap satu minggu sekali asalkan konsisten dan rutin. Jika sudah menjadi kebiasaan, lama-kelamaan Sista akan merasa kurang lengkap dan belum fit jika belum berolahraga. Oh ya, koleksi pakaian olahraga SoActiv yang super stylish dari Sorabel juga siap lho menemani agar Sista semakin semangat buat berolahraga!

5. Seimbangkan Aktivitas dan Waktu Istirahat

Sama seperti baterai yang butuh di-recharge untuk mendapatkan energi, begitu pula tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat untuk bisa ‘berfungsi’ dengan normal kembali. Sayangnya, hal sederhana ini pula yang masih sering dilupakan oleh banyak orang. Saking padatnya kesibukan dan keinginan mengejar tanggungan pekerjaan, Sista mungkin sering mengorbankan waktu tidur dan istirahat. Padahal, kebiasaan tersebut bisa memberikan dampak jangka panjang yang nggak baik buat kesehatan lho, mulai dari mengurangi kemampuan daya ingat, penurunan kemampuan respon, hingga meningkatkan risiko serangan jantung. Buat orang dewasa, yuk mulai biasakan tidur setidaknya 7-9 jam dalam sehari di tahun baru ini! 

See, memulai kebiasaan hidup sehat nggak harus selalu menuntut effort besar yang sulit dilakukan, kok. Bahkan dari hal-hal sederhana yang ironisnya justru masih sering disepelekan, usaha untuk menjaga kesehatan tubuh itu sebenarnya sudah bisa banget Sista dapatkan. Share yuk di kolom komentar, halangan apa sih yang paling sering membuat Sista sulit menerapkan kebiasaan hidup sehat? Stay healthy and always be happy in this new year, Sis!

33 SUKA ‧ 46 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista