Sebelum Liburan, Isi Dulu Travel Checklist Ini Biar Nggak Ada Barang yang Ketinggalan!
30 November 2019

Momen akhir tahun semakin dekat, waktu liburan panjang juga sudah menjelang! Siapa nih yang sudah nggak sabar menjelajah tempat-tempat baru bersama keluarga atau teman-teman? Sorabel yakin, di antara Sista pasti juga sudah banyak nih yang membeli dan ‘mengamankan’ tiket biar nggak kehabisan. Aduh, Sorabel jadi ikut excited dan senang deh melihat antusiasme Sista! Tapi tunggu dulu Sis, jangan sampai perasaan terlalu semangat malah bikin Sista lupa mempersiapkan segala kebutuhan liburan dengan matang, lho. Apalagi buat Sista yang sudah memiliki rencana perjalanan ke luar kota atau bahkan luar negeri, memastikan semua kebutuhan sudah dibawa dan nggak ada yang tertinggal jelas wajib banget dilakukan. 

Ya, nggak cuma menghindarkan Sista dari kepanikan akibat barang ketinggalan, aktivitas packing yang Sista lakukan di awal ternyata juga bisa sangat memengaruhi keseluruhan perjalanan Sista, lho. Kalau Sista terlalu ‘santai’ dan menggampangkan persiapan packing, bukan nggak mungkin 4 hal ini justru akan terjadi! 

Image Source

1. Barang Bawaan Membeludak

Niat hati sih nggak ingin terburu-buru dan melakukan packing menjelang hari keberangkatan, tapi siapa sangka Sista justru kesulitan memprioritaskan barang-barang yang harus dibawa? Rasanya, semua barang tampak penting dan nggak rela buat Sista tinggalkan. Alhasil, karena waktu yang sudah mepet untuk memilah-milah, Sista pun memutuskan buat membawa saja semua barang yang ada. Kalau sudah kayak gini, siap-siap saja dibuat ribet sendiri saat traveling nanti. Koper atau tas akan menjadi super berat, dan Sista pun nggak akan leluasa berpindah atau jalan-jalan. 

2. Nggak Membawa Perlengkapan Fashion yang Dibutuhkan

Namanya juga jalan-jalan dan menjelajah tempat baru, Sista tentu juga ingin mengabadikan setiap momen dalam jepretan foto. Tapi, rencana mendapatkan foto traveling yang menarik juga bisa gagal hanya gara-gara Sista lalai dan menyepelekan proses packing. Sudah berencana berfoto dengan baju kesayangan, tanpa diduga fashion item tersebut malah ketinggalan. Belum lagi jika Sista lupa membawa pakaian yang tepat sesuai destinasi. Tentu nggak mau dong traveling di tempat dingin jadi nggak nyaman gara-gara Sista lupa membawa jaket atau sweater

3. Budget Traveling Membengkak

Karena ada beberapa barang yang ketinggalan, mau nggak mau Sista harus membelinya saat tiba di destinasi. Apalagi jika barang tersebut adalah kebutuhan penting seperti travel adaptor, baju dalaman, atau obat-obatan. Budget yang semula bisa dialokasikan untuk biaya makan atau membeli oleh-oleh misalnya, jadi harus berkurang karena Sista harus membeli kebutuhan penting tersebut. Kalaupun nggak mau mengganti kebutuhan dana, maka budget jalan-jalan deh yang harus direlakan membengkak dan meleset dari perencanaan. 

4. Mendapat Masalah di Negara Lain 

Khusus buat Sista yang mau traveling ke luar negeri, persiapan packing harus banget dilakukan sejak jauh-jauh hari. Sebab, kelalaian kecil meninggalkan barang penting seperti paspor, visa, tiket, atau tanda pengenal, bisa membuat Sista terjebak masalah serius di negara lain. Bukan nggak mungkin masalah seperti tertahan di imigrasi atau kesulitan menemukan alamat saat Sista tersesat akan terjadi. Dengan mempersiapkan kebutuhan sejak lama, Sista juga bisa lebih mudah membagi dan menata barang bawaan sesuai prioritasnya, mana yang harus selalu Sista bawa kemana pun dan mana yang bisa Sista tinggal di koper atau hotel. 

Nah, buat membantu Sista mengorganisir dan memilah barang bawaan agar nggak ada yang tertinggal, Sorabel sudah menyiapkan travel checklist yang bisa Sista isi, nih. 

Yes, agar semakin mudah, sebaiknya bagi barang bawaan berdasarkan kategori-kategori ini: 

  • Carry-on Bag: barang-barang penting yang harus selalu Sista bawa kemana pun di tas tangan atau ransel.

  • Toiletries: perlengkapan untuk mandi, obat-obatan, dan perlindungan diri. 

  • Makeup: kebutuhan kosmetik, skin care, dan makeup tools yang Sista gunakan sehari-hari. 

  • Baju dan aksesori: kebutuhan fashion item Sista, termasuk aksesori, perhiasan, dsb. Pastikan untuk membawa barang-barang sesuai destinasi yang dituju. Baju dan aksesori ini bisa Sista letakkan di tas besar atau koper. 

  • Elektronik dan kebutuhan cadangan: perlengkapan elektronik penting untuk bepergian. Nggak ada salahnya membawa barang-barang ini untuk berjaga-jaga. 

Jadi, sebelum pergi liburan, pastikan untuk melakukan packing dari jauh-jauh hari dengan mengikuti panduan daftar yang sudah Sorabel berikan ini, ya. Sista bisa memberikan tanda centang pada kebutuhan yang sudah dibawa, dan menuliskan pula jumlahnya pada kolom berbentuk kotak. Sebaiknya, print juga travel checklist ini dan bawa saat Sista liburan untuk membantu mengingat-ingat jumlah dan kebutuhan apa saja yang sudah Sista bawa serta di mana Sista meletakkannya. 

Yuk, bagikan simpan gambar travel checklist ini dan share pada orang-orang sekitar Sista. Dengan begitu, semua bisa mempersiapkan liburan dengan lebih matang tanpa khawatir ada barang yang tertinggal. Semoga daftar dari Sorabel ini bisa membantu dan membuat perjalanan Sista semakin lancar, ya. Have a great and extra pleasant holiday, Sis!

8 SUKA ‧ 2 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista