Sudah Merasa Terlalu Sering Mengecek Handphone? Kurangi dengan Cara Ini!
17 September 2019

Apa hal pertama yang Sista lakukan saat bangun tidur? Sebagian besar mungkin akan kompak menyebut aktivitas mengecek handphone sebagai jawabannya. Sudah bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, handphone di masa kini memang sudah menjelma sebagai ‘kebutuhan primer’ yang wajib berada dalam jangkauan. Sering kali, ketergantungan akan handphone justru membuat produktivitas dan perhatian Sista pada hal-hal di sekitar menjadi berkurang. Jika Sista sudah merasa demikian, yuk mulai kurangi kebiasaan mengecek handphone dengan beberapa cara ini!

1. Buat Batas Waktu Maksimal Memegang Handphone 

Jika Sista sudah merasa terlalu sering mengecek handphone, mulai buat komitmen pada diri sendiri mengenai batas waktu ideal mengeceknya dalam sehari. Saat pagi hari misalnya, Sista bisa membatasi diri mengecek handphone hanya maksimal selama 10 menit saat bangun tidur untuk mengecek pesan yang belum terbaca saja. Begitupun saat siang dan malam hari, tentukan lama waktu maksimal Sista boleh mengakses handphone dan untuk keperluan apa. Tentukan juga kapan waktu-waktu ‘terlarang’ bagi Sista untuk mengakses handphone, misalnya saat bekerja, ngobrol bersama keluarga, belajar, dan lain sebagainya. 

2. Minta Bantuan Orang Sekitar untuk Menjadi Pengingat 

Membuat komitmen sendiri lalu menjalankannya dengan patuh memang sulit dilakukan. Bukan tidak mungkin Sista akan melanggarnya dan justru mengacaukan rencana. Karena itu, mintalah bantuan orang-orang di sekitar untuk menjadi pengingat. Di rumah misalnya, Sista bisa meminta tolong orang tua, suami, atau saudara untuk mengingatkan jika Sista sudah melanggar batas waktu maksimal memegang handphone yang ditentukan. Tentu saja, Sista juga harus legawa dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak marah atau mengelak saat diingatkan nanti. 

3. Ubah Setting Notifikasi di Handphone 

Hal tersulit yang bisa menggoyahkan komitmen Sista untuk nggak terlalu sering mengecek handphone adalah pesan notifikasi. Yep, melihat notifikasi chat, DM, atau komentar di media sosial memang rentan membuat Sista ‘gatal’ ingin buru-buru mengeceknya. Karena itu, sebaiknya ubah setting notifikasi di handphone sesuai kebutuhan. Saat Sista sedang ingin fokus mengerjakan sesuatu, ubah pengaturan handphone ke mode night atau airplane agar konsentrasi nggak mudah terpecah. 

Selain itu, Sista juga bisa menyalakan pesan pemberitahuan hanya untuk aplikasi-aplikasi yang penting saja, seperti Whatsapp, Line, atau email. Sementara push notification untuk aplikasi hiburan seperti game, Instagram, dan media sosial lain lebih baik tidak diaktifkan. Jika ada grup chat yang dirasa terlalu ramai dan mudah menggoda Sista untuk terus mengeceknya, nggak ada salahnya untuk membisukan notifikasinya (mute) untuk jangka waktu tertentu. 

4. Letakkan Handphone Jauh dari Jangkauan 

Selama Sista selalu meletakkan handphone dalam jangkauan, kemungkinan untuk melanggar komitmen akan semakin mungkin terjadi. Itu sebabnya, biasakan untuk meletakkan handphone di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan, terutama saat Sista sedang melakukan aktivitas penting. Saat belajar atau bekerja misalnya, letakkan handphone di dalam tas atau loker. Begitu pun saat Sista hendak beristirahat di malam hari, letakkan handphone di meja belajar atau tempat yang jauh dari ranjang. Dengan begitu, Sista akan mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas dan tidak begadang karena bermain handphone. 

5. Be Present!

Sedang berbincang dengan seseorang namun lawan bicara sibuk mengecek handphone tentu menyebalkan. Karena itu, coba posisikan diri Sista di posisi orang lain. Saat sedang ngobrol, biasakan meletakkan handphone di dalam tas atau jauh dari hadapan agar Sista bisa benar-benar memperhatikan lawan bicara. Pahami kalau waktu yang Sista habiskan untuk scrolling tanpa tujuan di handphone, sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan banyak pekerjaan atau menciptakan momen bonding berharga yang tak terlupakan. 

Cara apapun yang Sista tempuh, niat untuk mengurangi frekuensi mengecek handphone tetap harus dipupuk dari kesadaran diri sendiri. Selanjutnya, semua pilihan ada pada Sista apakah ingin mematuhi atau melanggar komitmen yang sudah dibuat. Jadi, sudah siap mengurangi ketergantungan dan lebih menghargai momen-momen berharga di dunia nyata, Sis?


 

10 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista