Super Beragam, Ini 5 Jenis Foundation yang Wajib Sista Tahu!
03 November 2019

Saat menilik ke rangkaian produk kosmetik, foundation menjadi salah satu jenis makeup yang memiliki paling banyak varian. Ya, seiring berjalannya waktu, jenis-jenis foundation yang bisa Sista temukan di pasaran juga semakin beragam. Masing-masing dirancang dengan kelebihan dan fungsinya masing-masing, yang perlu Sista pahami agar bisa memilih varian yang paling tepat. Yuk, ketahui perbedaan dan karakteristik dari 5 jenis foundation yang sudah Sorabel rangkum untuk Sista berikut ini! 

1. Liquid Foundation 

Klik di sini untuk membeli produk liquid foundation. 

Make Over Ultra Cover Matte Liquid Foundation, Rp140.000.

Dirancang dengan tekstur cair, liquid foundation hingga saat ini masih menjadi salah satu jenis foundation yang paling umum digunakan. Foundation yang biasanya dikemas dalam bentuk botol atau tube ini dikenal akan keunggulannya yang mudah diratakan di kulit, karena sifatnya berbentuk cair dan cenderung oily.  Itu sebabnya, liquid foundation juga paling tepat digunakan Sista yang memiliki masalah warna kulit kurang merata, karena bisa diratakan ke seluruh permukaan kulit wajah dengan lebih mudah. Kelebihan lain, liquid foundation yang umumnya dihadirkan dengan tingkat coverage sheer hingga pekat ini juga bisa memberikan hasil makeup yang lebih natural, karena coverage-nya bisa lebih mudah di-build sesuai keinginan. Sebelum memilih produk liquid foundation, sebaiknya perhatikan dulu jenis dan kondisi kulit Sista. Jika Sista memiliki kulit yang cenderung kering, menggunakan oil-based liquid foundation lebih disarankan. Sementara untuk Sista yang memiliki kulit wajah berminyak atau normal, bisa menggunakan water-based liquid foundation sebagai pilihan. 

2. Powder Foundation 

Klik di sini untuk membeli produk powder foundation. 

Make Over Powerstay Matte Powder Foundation, Rp188.000.

Umumnya dihadirkan dalam kemasan compact, powder foundation merupakan pilihan yang tepat jika Sista membutuhkan produk untuk kebutuhan touch up serta mudah dibawa bepergian. Karena sifatnya yang berbentuk powder ini jugalah, foundation jenis ini dikenal akan keunggulannya yang bisa memberikan hasil makeup lebih ringan dan flawless, serta menciptakan hasil akhir matte pada riasan Sista. Kalau Sista masih baru mulai belajar makeup dan belum terlalu menyukai heavy look, penggunaan powder foundation juga lebih disarankan. Nggak cuma bisa menciptakan hasil riasan natural, foundation jenis ini juga memiliki cara aplikasi yang super mudah. Meski begitu, Sista yang memiliki tipe kulit berminyak sebaiknya lebih teliti saat menggunakan powder foundation. Sebab, jika diaplikasikan tidak merata, aplikasi foundation bertekstur powder pada kulit berminyak justru rentan menimbulkan kesan gumpalan yang tidak rata.

3. Creamy Foundation

Klik di sini untuk membeli produk creamy foundation. 

Wardah Everyday Luminous Creamy Foundation, Rp31.000. 

Creamy foundation biasa dihadirkan dalam kemasan jar atau compact. Jenis foundation ini memiliki tekstur yang sedikit lebih heavy atau pekat dibandingkan liquid foundation, serta dikenal karena keunggulannya yang bisa memberikan hasil riasan lebih long lasting. Nggak hanya itu, variasi shade yang dihadirkan pada foundation jenis ini juga cukup beragam, sehingga Sista bisa lebih mudah menyesuaikan shade yang paling tepat untuk warna kulit Sista. Sorabel merekomendasikan Sista yang memiliki tipe kulit sangat kering untuk menggunakan foundation jenis ini, karena creamy foundation juga memiliki manfaat melembapkan yang bisa membuat kulit kering Sista tampak lebih shiny dan nggak kusam. 

4. Mousse Foundation 

Klik di sini untuk membeli produk mousse foundation.

Lakme 9to5 Weightless Mousse Foundation, Rp149.000.

Mousse, atau biasa juga dikenal dengan sebutan whipped foundation, adalah jenis foundation yang dirancang dengan tekstur ringan dan bisa memberikan weightless feel saat digunakan. Sekilas, mousse foundation memang tampak super mirip dengan creamy foundation. Tapi, begitu menyentuh tekstur krimnya, Sista pasti langsung bisa deh menemukan perbedaan di antara keduanya. Yes, meski sama-sama berbentuk krim, mousse foundation dirancang dengan tekstur yang jauh lebih lembut hingga menyerupai whipped cream. Secara umum, mousse foundation cocok digunakan untuk berbagai tipe kulit. Tapi, karena hasil akhir aplikasinya yang bisa menciptakan kesan matte dan powdery, penggunaan mousse foundation boleh banget dipertimbangkan Sista yang memiliki tipe kulit berminyak. Sebab, Sista bisa mengurangi efek berminyak yang ada, namun juga nggak takut menimbulkan kesan warna kurang merata seperti saat menggunakan powder foundation. 

5. Cushion Foundation

Klik di sini untuk membeli produk cushion foundation.

Brun Brun Smooth Cover Cushion Foundation, Rp90.000.

Ini dia, salah satu jenis foundation yang sejak beberapa tahun belakangan semakin populer dan banyak digandrungi wanita. Popularitas cushion foundation semakin meningkat, seiring dengan merebaknya tren Korean makeup dan banyaknya brand kosmetik asal negeri Ginseng yang menambahkan jenis foundation ini pada rangkaian produk mereka. Identik dengan Korean makeup look, maka bisa ditebak jika cushion foundation bisa memberikan hasil riasan cenderung dewy, sehingga cocok untuk Sista yang suka tampil dengan wajah glowing dan fresh layaknya cewek-cewek Korea. Cushion foundation sebenarnya dirancang dengan bentuk liquid, namun ditaruh di dalam cushion yang dikemas dalam bentuk compact. Itu sebabnya, kepraktisan menjadi salah satu keunggulan utama dari foundation jenis ini. 

Kalau Sista masih memerlukan makeup sponge atau brush untuk meratakan liquid foundation, maka cushion foundation sudah dilengkapi dengan puff atau sponge dalam kemasannya. Cara aplikasinya pun sangat mudah, yakni seperti menggunakan bedak. Sista cukup menekankan puff pada permukaan cushion, lalu ratakan pada seluruh permukaan wajah. Tingkat coverage cushion foundation bervariasi, ada yang full coverage, ada juga yang di bawah liquid foundation, namun masih lebih tinggi dibandingkan bb cream atau cc cream. Karena itu, foundation jenis ini cocok banget digunakan untuk riasan sehari-hari yang nggak terlalu heavy, atau digunakan untuk makeup yang lebih tahan lama. 

So, meski ada banyak varian foundation di pasaran, kini Sista nggak perlu bingung lagi memilih produk yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Dengan mengenali perbedaan masing-masing jenis foundation, Sista juga bisa lebih bijak memilah keunggulan dan fungsi utama dari produk yang akan Sista pakai. Nggak perlu repot-repot pergi ke luar rumah untuk membandingkan produk-produk foundation yang ada. Cukup buka website atau aplikasi Sorabel dari rumah, Sista sudah bisa mendapatkan produk foundation dari berbagai merek dengan harga terjangkau. Semua produk kecantikan yang ada di Sorabel juga 100% original, dan Sista bisa mendapatkan layanan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia dengan pembelanjaan minimal Rp200 ribu saja. Membeli produk kosmetik favorit nggak akan membuat kantong Sista jebol lagi, deh!

21 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista