Tips Perawatan yang Wajib Diketahui Pemilik Kulit Wajah Berminyak
11 September 2019

Memiliki kulit wajah berminyak bisa dibilang sedikit tricky. Salah melakukan langkah perawatan atau memilih produk yang tidak tepat bisa berujung pada kondisi kulit wajah yang semakin greasy. Hasilnya, wajah akan mudah tampak kusam dan rentan berjerawat. Itulah kenapa, Sista yang memiliki jenis kulit wajah berminyak perlu mengetahui tips dan trik perawatan khusus untuk mengontrol kulit wajah agar tampak lebih kering dan sehat. Perhatikan beberapa hal ini saat merawat kulit wajah Sista, ya. 

1. Lebih Selektif Memilih Cleanser/ Sabun Cuci Muka

Buat Sista yang memiliki tipe kulit wajah berminyak, memilih sabun cuci muka atau cleanser sebaiknya dilakukan dengan lebih teliti. Kalau Sista mengira cleanser yang dirancang dengan manfaat mengeringkan kulit lebih baik, hal itu justru kurang tepat. Sebaliknya, pilihlah sabun cuci muka yang formulanya tidak membuat kulit semakin kering. Makin kering efek yang dihasilkan, kulit akan melakukan self-defense dengan memproduksi lebih banyak minyak. Alhasil, wajah Sista justru akan tampak semakin oily. Cuci wajah Sista dengan sabun yang tepat setidaknya dua kali sehari ya, Sis. Untuk mempermudah, pilihlah cleanser yang memiliki label oil-control.   

2. Jangan Lupakan Penggunaan Toner Wajah

Cuci muka saja terkadang belum cukup lho, Sis untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di wajah. Karena itu, pemilik kulit berminyak juga sangat disarankan menggunakan toner sebagai salah satu produk perawatan wajib sehari-hari. Toner berfungsi menyeimbangkan kadar pH kulit serta memastikan tidak ada sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Dengan begitu, kulit Sista bisa terjaga kelembapannya dan tidak terlihat greasy.  

3. Perawatan dengan Clay Mask Seminggu Sekali  

Sista suka merawat wajah dengan masker nggak, nih? Psst, kalau kulit wajah Sista cenderung berminyak, mulai sekarang coba deh beralih menggunakan clay mask sebagai produk perawatan wajib! Sebab, bahan dasar clay ternyata memiliki kemampuan lebih dalam menyerap minyak di pori-pori kulit dibandingkan jenis-jenis masker lain. Lakukan perawatan dengan clay mask setidaknya seminggu sekali. Sambil bersantai saat weekend, yuk sambil rawat wajah berminyak Sista agar tampak lebih sehat!

4. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Tanpa Sista sadari, lapisan sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara berkala ternyata berisiko menyumbat pori-pori wajah, lho. Padahal, penyumbatan pori-pori tersebut bisa berujung pada berbagai masalah kulit, salah satunya wajah yang tampak semakin berminyak. Hal ini tentu menjadi momok tersendiri buat Sista yang pada dasarnya sudah memiliki tipe kulit wajah berminyak. Untuk menghindari menumpuknya sel kulit mati, lakukan eksfoliasi secara rutin, namun juga jangan terlalu sering. Idealnya, eksfoliasi bisa Sista lakukan tiap seminggu sekali. 

Sebab, melakukan eksfoliasi terlalu sering justru bisa membuat kulit kehilangan produksi minyak alaminya dan berpotensi menyebabkan iritasi. Untuk melakukan eksfoliasi sendiri, Sista nggak perlu repot-repot pergi ke salon kecantikan, kok. Cukup lakukan perawatan dengan scrub, pijat-pijat halus wajah hingga scrub merata, lalu bilas menggunakan air hangat. Sangat mudah, bukan? 

5. Bijak Memilih Produk Makeup Sehari-hari 

Berbagai langkah perawatan yang dilakukan tidak akan lengkap jika Sista masih sembarangan memilih produk makeup untuk digunakan sehari-hari. Sebab, penggunaan produk kosmetik yang salah juga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kulit wajah tampak semakin berminyak. Dalam memilih foundation atau pelembap misalnya, sebaiknya Sista menggunakan produk yang bertekstur light seperti lotion. Hindari penggunaan foundation atau moisturizer yang teksturnya kental, karena berpotensi menyumbat pori-pori dan membuat produksi minyak wajah meningkat. 

Apapun tipe kulit wajah yang dimiliki, nggak akan jadi halangan Sista untuk selalu tampil menarik, kok. Asalkan tahu cara perawatan yang tepat, semua tipe kulit wajah bisa tampak segar, bersih, dan selalu sehat. Jadi, nggak ada lagi alasan merasa kurang percaya diri karena kulitmu berminyak ya, Sis! 


 

10 SUKA ‧ 0 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista