Yuk, Kenali Lebih Jauh Perbedaan Macam-Macam Busana Muslim Wanita!
12 Oktober 2019

Seiring dengan popularitas fashion hijab yang semakin meningkat, ragam busana yang diciptakan spesial untuk wanita muslimah juga semakin variatif. Beberapa yang umum ditemui misalnya tunik, kaftan, abaya, hingga gamis.

Namun, karena kemiripan model dan desain yang dihadirkan, banyak muslimah masih sulit membedakan sebutan untuk masing-masing jenis busana muslim wanita tersebut. Biar nggak tertukar dan bingung lagi, kenali yuk Sis perbedaan tunik, kaftan, abaya, dan gamis berikut ini! 

1. Tunik 

Klik di sini untuk membeli tunik. 

Hala Ashimaz Plain Tunic Muslim Blouse, Rp159.000.

Tunik menjadi salah satu jenis busana muslim wanita yang umum digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, seperti kuliah hingga kerja. Sebab, berbeda dengan busana muslim lain yang identik dengan bentuk dress, tunik memiliki desain lebih simpel layaknya blouse. Kata tunik sendiri diadaptasi dari istilah tunic dalam bahasa Inggris, yang berarti jubah atau pakaian longgar. Ya, jika blouse biasa umumnya hanya memiliki panjang hingga pinggang, tunik didesain dengan panjang mencapai lutut. Dengan begitu, bagian lekuk tubuh muslimah tetap bisa tertutupi. 

2. Abaya

Klik di sini untuk membeli abaya. 

Nurintya Embroideries Abaya Muslim Set, Rp299.000.

Busana muslim wanita dengan model dress memang sangat umum ditemukan, yang salah satunya sering kita kenal dengan istilah abaya. Lalu, apa sih yang membedakan abaya dari dress busana muslim lain? Perlu diketahui nih Sis, kalau abaya ternyata merupakan busana khas wanita muslimah di Timur Tengah sehingga umum juga disebut sebagai gamis Arab. Karena budaya Timur Tengah masih cenderung konservatif, abaya dihadirkan dengan desain simpel dan biasanya hanya memiliki bordir atau manik sederhana sebagai hiasan. Nggak hanya itu, abaya juga lebih identik dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau abu-abu. 

3. Gamis

Klik di sini untuk membeli gamis. 

Hala Bhavanya Batik Flare Muslim Dress, Rp139.000.

Ini dia satu lagi jenis busana muslim wanita yang nama atau penyebutannya mungkin sering membuat Sista bingung. Karena bentuk dan modelnya yang sangat mirip, gamis dan abaya memang sering dianggap sama. Padahal, ada beberapa ciri dasar yang membuat kedua jenis busana muslim ini sebenarnya berbeda lho, Sis. Istilah gamis berasal dari bahasa Arab qomish, yang berarti pakaian terusan dengan panjang mencapai mata kaki. Berbeda dengan abaya yang lebih konservatif dan simpel, gamis memiliki desain, warna, dan model yang lebih modern dan variatif. Jika Sista menemukan dress muslimah panjang dengan warna-warna cerah dan beragam motif, maka pakaian tersebut bisa dikategorikan sebagai gamis. 

4. Kaftan 

Klik di sini untuk membeli kaftan.

Weimizi Flowery Kaftan Muslim Dress, Rp199.000.

Jika gamis dan abaya memiliki model cenderung identik, kaftan sedikit lebih mudah dibedakan karena memiliki karakteristik khusus yang nggak ditemukan pada jenis busana muslim wanita lain. Meski pada dasarnya sama-sama berbentuk dress dan memiliki panjang hingga mata kaki, ciri khas kaftan terletak pada potongan lengan berbentuk kelelawar (batwing) atau loose tanpa titik bahu. Awalnya, kaftan banyak dirancang menggunakan kain tipis sejenis sifon. Namun seiring berjalannya waktu, model dan material kaftan juga semakin beragam, mulai dari kaus, katun, satin, dsb. 

Hayo, siapa yang ternyata selama ini masih sering keliru menyebut jenis-jenis busana muslim di atas? Mulai sekarang, jangan terbalik lagi menyebutkannya ya, Sis. Bagikan juga artikel dan informasi ini ke teman atau orang-orang terdekat Sista, biar nggak ada lagi yang bingung atau rancu mengenali masing-masing jenis busana muslim yang ada. Kalau sudah merasa kekurangan busana muslim untuk dipakai sehari-hari, Sista bisa juga mengecek koleksi busana muslim Hala dari Sorabel yang super menarik dan stylish. Model busana muslim wanita mana sih yang menurut Sista paling nyaman untuk digunakan?

45 SUKA ‧ 9 KOMENTAR
Sedang memuat…

Produk Menarik Buat Sista